Beranda Infrastruktur Menara Masjid Islamic Center HSS Ambruk Diterjang Angin Kencang

Menara Masjid Islamic Center HSS Ambruk Diterjang Angin Kencang

26949
0

Menara Masjid Islamic Center HSS. (Ist)

KANDANGAN, Satumejanews.id – Satu dari empat bangunan menara masjid Islamic Center (IC) Hulu Sungai Selatan (HSS) di Kandangan, Kalimantan Selatan, ambruk diterjang angin kencang yang disertai hujan deras, Kamis (17/2/2022) sore.

Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, insiden ambruknya bangunan menara masjid IC yang hampir rampung di kawasan Hamalau, Kecamatan Sungai Raya, HSS, itu membuat warga sekitar berhamburan.

“Suaranya terdengar sangat keras sekali. Praaaakk, gitu,” ungkap salah satu saksi mata yang juga pedagang keliling seperti dikutip media ini dari apahabar.com. Kamis (17/2/2022) malam.

Sebelumnya, sebuah rekaman video berdurasi 28 detik beredar di media sosial. Video itu menggambarkan berlariannya para pekerja proyek seiring ambruknya satu menara di lokasi Masjid IC yang berdekatan dengan bundaran Tugu Ketupat Kandangan itu.

Secara terpisah, Kepala Dinas PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) HSS, Tedy Soetedjo membenarkan peristiwanya. Namun, ia belum mengetahui penyebab teknis ambruknya bangunan menara itu.

“Menara yang roboh di bagian belakang dan hanya separuh saja, karena umur beton atau cor-coran semennya belum sampai,” katanya, seraya menimpali bagian yang rusak itu akan diperbaiki kembali.

Sumber lain menyebutkan, bangunan Komplek Masjid IC HSS di Kota Kandangan ini menjadi salah satu megaproyek yang dibangun Pemkab HSS. Komplek IC ini juga akan dilengkapi RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang terdiri dari danau dan taman.

Menurut Tedy, gedung utama bangunan masjid yang terdiri dua lantai. Sedang pelataran masjid juga akan luas yang nantinya ada area parkir dan sentra oleh-oleh.

Anggaran pembangunan masjid IC HSS menggunakan APBD HSS 2021 senilai Rp60 miliar. Rinciannya, Rp50 miliar dari APBD 2021 murni dan Rp10 miliar tambahannya melalui APBD Perubahan. (smn10)

Artikulli paraprakAnggota DPRD Kutim Faizal Geram TPST Eco Waste Belum Maksimal Beroperasi
Artikulli tjetërWabup HST Gembira, Apresiasi Pelajar Pemberdaya Bangun Desa di Patikalain Kawasan Meratus