Beranda Sosial & Kesehatan 102 Pendonor Ikut Aksi Kemanusiaan KPC

102 Pendonor Ikut Aksi Kemanusiaan KPC

13630
0

SANGATTA – Aksi kemanusiaan donor darah yang digelar PT Kaltim Prima Coal (KPC) Selasa, (21/6/2022) diikuti 102 pendonor, dari target awal 150 peserta. Sebenarnya yang mendaftar 118 orang, karena alasan HB yang rendah dan tinggi, 16 orang gagak donor.

Kegiatan itu perusahaan tambang tersebut menggandeng Serikat Pekerja di lingkungan perusahaan dengan menghelat kegiatan donor darah di Griya Prima Nirbahaya, Gedung M4, Mine Site KPC, Sangatta Utara. Donor ini sebagai ajang kegiatan tahunan, gelaran donor darah menjadi agenda yang rutin dilakukan PT Kaltim Prima Coal dalam aksi kemanusiaan.

Kegiatan yang bertemakan “Aku Sehat, Dia Selamat, Kita Bermanfaat” bertujuan sebagai salah satu upaya dalam menyadarkan akan pentingnya peduli terhadap sesama sekaligus memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni lalu. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 – 13:00 Wita.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kutai Timur (Kutim) dr Andi Amraini Afiah mengatakan kegiatan ini menjadi langkah yang baik dan sangat membantu ketersediaan darah dengan golongan darah tertentu.

“Kegiatan ini sangat bagus, tentunya dalam memenuhi stok darah dan mudah-mudahan dapat membantu rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan darah,” kata Andi Amraini.

Sementara itu, Superintendent Employee Communication Panka Gumilang selaku Ketua Panitia Donor Darah mengutarakan jika kegiatan kali ini KPC juga didukung oleh Department Community Empoewerment (CE) dan Human Resource (HR) dengan bekerja sama dengan Serikat Pekerja untuk bersama-sama melakukan kegiatan kemanusiaan.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan tahunan dari KPC dengan mendorong rekan-rekan karyawan untuk bisa turut serta mendonorkan darahnya agar lebih peduli terhadap sesama,” ujar Panka.

Panka berharap karyawan dapat memiliki rasa kepedulian yang tinggi untuk lebih peduli terhadap sesama. Serta diharapkan serikat pekerja dapat menjadi salah satu bagian untuk terus mendorong kepedulian sosial terutama untuk karyawan dan masyarakat sekitar.

“Kami tidak hanya menggaungkan kegiatan ini kepada perusahaan saja namun juga kepada rekan karyawan yang diwakili oleh serikat pekerja,” tambahnya.

Senada, Ketua Serikat Pekerja SPSI Yunus menyampaikan ucapan terima kasih karena telah dilibatkan sebagai perwakilan karyawan dalam kegiatan rutin donor darah yang diselenggarakan oleh KPC dengan dukungan dari CE dan HR.

Kegiatan ini disambut positif oleh Rober Soebandy salah satu pendonor mengatakan, perlunya berperilaku hidup sehat dikarenakan darah yang mengalir di dalam tubuh dapat bermanfaat buat orang lain maupun diri sendiri.

“Setidaknya dengan adanya kegiatan ini kita dapat membantu sesama manusia, dan berharap semoga kegiatan seperti ini tetap terus dilakukan,” ucapnya.(smn4)

Artikulli paraprakJangan Kaget Jika Tim Irjen Kemenkeu Lakukan Review dan Supervisi
Artikulli tjetërBuka Seleksi Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim, Kasmidi: Jangan Hanya Dijadikan Ajang Adu Tampan dan Pesona Fisik Semata