Beranda Pemerintahan Bupati Imbau Orangtua Ajak Anaknya Ikut Imunisasi

Bupati Imbau Orangtua Ajak Anaknya Ikut Imunisasi

1490
0

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman meninjau pelaksanaan program BIAN. (Wahyu Yuli Artanto)

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman, mengimbau kepada masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak usai 9 bulan – 12 tahun agar mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan ini merupakan program yang diluncurkan Kementrian Kesehatan sebagai upaya menutup kesenjangan imunitas anak yang sempat menurun akibat pandemi Covid-19.

“Ini merupakan vaksinasi dasar yang biasa diberikan kepada anak. Karena dua tahun ini ada pandemi jadi pelaksanaanya tertunda,” ujar Ardiansyah usai menghadiri launching BIAN di Gedung BPU Kantor camat Sangatta Utara, Kamis(14/7/2022).

Ardiansyah menjelaskan, pelaksanan program BIAN ini juga dipantau secara langsung oleh Dinkes Provinsi Kaltim. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa fasilitas publik lainya termasuk Posyandu dan sekolah-sekolah yang ada di Kutim. Diharapkan, target 85.200 anak yang ikut imunisasi bisa tercapai.

“Saya yakin target itu bisa tercapai. Sebab, dari desa hingga tingkat kecamatan juga ikut terlibat program ini,” ujarnya di damping Kadinkes Kutim dr Bahrani serta perwakilan dari Dinkes Provinsi Muhammad Satta.

Kadinkes Kutim dr Bahrani menjelaskan, BIAN merupakan program untuk mengejar capaian vaksinasi dasar yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Langkah ini, guna menutup kesenjangan imunitas anak dengan melakukan harmonisasi kegiatan imunisasi tambahan (campak-rubela) dan imunisasi kejar (OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib) yang sempat menurun yang diakibatkan pandemi Covid-19.

“Kita sudah mulai sejak pertengahan bulan Mei lalu dan sampai hari ini sasaran vaksinasi sudah mencapai 50 persen dari yang kita targetkan,“ ujar Bahrani.

Program ini akan berakhir pada 29 Juli 2022 nanti. Dia berharap, orang tua bisa segera membawa buah hatinya ke puskesms untuk imunisasi. (smn5/smn1)

Artikulli paraprakFaisal : Targetnya Besar Harus Didukung Anggaran
Artikulli tjetërKetika Divaksin, Muhammad Alif : Bu, Seperti Digigit Semut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini