Beranda Kutai Timur RSUD Kudungga Diminta Tingkatkan Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan

RSUD Kudungga Diminta Tingkatkan Pelayanan dan Fasilitas Kesehatan

1764
0

Satumejanews.id. SANGATTA- Keberadaa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga diharapkan menjadi layanan yang prima bagi masyarakat. Terlebih sudah ditundang dengan alokasi anggaran yang memadi, sudah selayaknya pelayanan juga lebih ditingkatkan.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPRD Kutim, Faizal Rachman. Menurutnya, pelayan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang wajib diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Pemerintah wajib menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai, baik sarana dan prasaranya.

“Rumah sakit kita (RSUD Kudungga) saat ini kan sudah tipe B. Kemudian ditunjang anggaran yang besar, masak fasilitas sama layanan kesehatan kita belum lengkap,“ ujarnya Sabtu (05/11/2022).

Fasilitas yang maksud politisi dari Partai PDI Perjuangan ini, yakni, layanan kateterisasi (Cath Lab) atau penanganan operasi penyakit jantung. Apabila RSUD Kudungga memiliki alat tersebut, akan semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan, khusunya yang ada di Kutim.

“Jadi masyarakat cukup di Sangatta sudah bisa operasi kateter.  Apalagi saat ini RSUD Kudungga juga sudah ada dokter spesialis jantung, tinggal alatnya aja (Cath Lab) yang belum ada,” ungkapnya.

Dengan dukungan anggaran yang memadai, dirinya mendorong agar pemerintah juga bisa memfokuskan dalam mengalokasikan anggaranya di bidang kesehatan, guna memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dasar. Khusunya di bidang kesehatan.

“Mudahan di APBD 2023 ini bisa diwujudkan. Yang perlu di support adalah dokter yang akan menangani alat itu (Cath Lab) serta bangunan yang nantinya akan digunakan,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, Layanan kateterisasi jantung (cath lab) adalah suatu pelayanan yang dilakukan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi, untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah. KemudiN dilakukan Intervensi Non Bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda. (adv/sm3)

Artikulli paraprakJoni : Kunjungan Pelajar  SMPN 3 Sangatta Utara ke Dedung DPRD Bagian Proses Pendidikan
Artikulli tjetërFaizal Apresiasi Deklarasi Damai Cakades

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini