Beranda Kuliner 17 Manfaat Buah Durian, Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang, Luar...

17 Manfaat Buah Durian, Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang, Luar Biasa!

12948
0

Buah Durian yang juga dikenal sebagai “The King of Fruits” (Raja Buah) ini, merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari negara Asia Tenggara. Tahukah kalau ternyata ada banyak manfaat buah durian untuk kesehatan?

Dijelaskan dalam buku Java Essay: The History and Culture of Southern Country, karya Masatoshi Iguchi, menceritakan tentang ekspedisi VOC di wilayah Batavia sampai Bogor pada tahun 1678. Dalam ekspedisi ini lah diketahui banyak pohon durian yang tumbuh di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Dalam The History of Durians, durian diyakini berasal dari wilayah Kalimantan dan Sumatera. Di Asia Tenggara, durian telah dibudidayakan selama berabad-abad.Sejak 400 tahun lalu, durian telah diperdagangkan di seluruh wilayah Myanmar. Saat ini durian juga secara aktif dibudidayakan di Thailand dan Vietnam bagian selatan.

Nah, selain rasanya yang membuat ketagihan, buah durian juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Durian dikenal sebagai buah yang memiliki aroma cukup menyengat. Meski tidak semua orang suka buah satu ini, cukup banyak manfaat buah durian untuk kesehatan yang bisa diambil oleh tubuh.

Durian adalah buah yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Untuk itulah, durian dikenal menjadi salah satu buah yang digunakan dalam pengobatan tradisional.Buah ini dipercaya memiliki banyak nutrisi yang baik yang dapat membantu mengobati penyakit pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.

Dalam satu buah durian memiliki berat hampir 602 gram dan merupakan sumber energi yang baik.Buah durian sebanyak 100 gram menghasilkan sekitar 147 Kkal energi, yang merupakan sekitar 7% dari anjuran asupan harian.Dalam durian juga ditemukan sekitar 44 senyawa aktif yang memicu bau durian yang menyengat.

Namun, senyawa ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari www.orami.co.id.

1. Baik untuk Pencernaan

Manfaat buah durian untuk kesehatan yang pertama adalah buah yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Karena kandungan serat pada buah aromatik satu ini, dapat membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit dan membantu menyehatkan pencernaan pada tubuh manusia.

Dalam jurnal ilmiah bertajuk Whole Fruits and Fruit Fiber Emerging Health Effects menyatakan bahwa serat dalam durian juga merangsang gerak peristaltik.

Hal ini dapat meringankan proses pencernaan di usus dan juga membantu mengobati masalah seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas, dan kram.

Gerak peristaltik merupakan gerakan otot-otot yang berkontraksi untuk mendorong makanan sepanjang saluran pencernaan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Dalam durian terdapat senyawa organosulfur yang dapat mengatur enzim inflamasi, sehingga manfaat buah durian untuk kesehatan jantung juga dapat diperhitungkan.

Senyawa organosulfur sendiri merupakan senyawa organik yang mengandung sulfur atau belerang, senyawa ini juga sering dikaitkan dengan bau-bauan terutama bau busuk.

Serat dalam durian juga dipercaya mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan membuang kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

3. Cegah Diabetes

Buah durian dipercaya mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat buah durian untuk kesehatan ini karena senyawa bioaktif di dalam buahnya yang dapat membantu menstabilkan gula darah.

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa antioksidan dalam durian mampu membantu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu dari diabetes.

Dalam penelitian lainnya dikatakan bahwa durian juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak menyebabkan lonjakan pada gula darah.

4. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat buah durian untuk kesehatan lainnya yaitu dipercaya mampu mengatur tekanan darah. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa durian merupakan sumber potasium (kalium) yang baik bagi tubuh.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, kadar kalium normal dalam tubuh penting untuk fungsi otot.

Kalium berperan untuk melemaskan dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan melindungi dari kram otot.

Dengan kata lain, meningkatkan asupan kalium pada tubuh dapat menurunkan tekanan darah sehingga mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke.

5. Mencegah Penuaan

Selain rasanya yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan, durian juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Penelitian membuktikan buah durian kaya akan vitamin C.

Seperti yang diketahui, vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh dan berperan melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Maka jangan heran ketika banyak produk kecantikan menjadikan vitamin C sebagai keunggulan kandungan utamanya.

Selain dari vitamin C, durian juga memiliki berbagai sumber antioksidan lain.

Pada sebuah studi dikatakan bahwa antioksidan dipercaya mampu melawan, mencegah dan mengurangi beberapa tanda penuaan pada kulit seperti garis halus, kerutan dan bercak penuaan.

6. Mencegah Kanker

Manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh satu ini juga cukup penting dan sayang dilewatkan. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam durian dipercaya mampu mencegah penyakit kanker.

Dalam buah durian ditemukan zat polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan kanker bahkan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian bertajuk Bioactive Compounds, Nutritional Value, and Potential Health Benefits of Indigenous Durian (Durio Zibethinus Murr.) menyatakan bahwa durian mampu memberikan perlindungan dan pencegahan pada kanker payudara.

Antioksidan pada durian juga memberikan peran penting dalam pencegahan penyakit kanker pada manusia.

7. Mengobati Penyakit Disfungsi Seksual

Dikutip dari Cleveland Clinic disfungsi seksual merupakan masalah yang terjadi selama fase respon seksual yang membuat sulitnya individu atau pasangan mendapatkan kepuasan seksual.

Meskipun menurut penelitian masalah ini merupakan masalah yang biasa, namun 43 persen wanita dan 31 persen pria mengatakan bahwa masalah ini merupakan masalah serius yang sulit untuk dibicarakan, sehingga dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Dalam durian terkandung zat afrodisiak, yaitu zat yang mampu meningkatkan gairah seksual.

Namun sampai saat ini belum ada studi yang memvalidasi fakta tersebut meskipun durian sejak dahulu sudah dijadikan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kesuburan.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah durian untuk kesehatan tulang juga diperoleh dari kandungan nutrisinya.

Durian merupakan salah satu buah yang kaya akan potasium (kalium) dan magnesium yang dikenal dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang.

Dalam sebuah studi, asupan kalium pada tubuh yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita dan pria berusia diatas 50 tahun.

Penelitian lainnya juga mengatakan bahwa kekurangan magnesium di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit osteoporosis.

9. Mencegah Anemia

Anemia adalah salah satu kondisi medis dimana seseorang kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh sehingga menyebabkan tubuh merasa lelah dan lemas.

Sebuah studi mengungkapkan kurangnya asupan zat asam folat dalam tubuh manusia menyebabkan turunnya jumlah sel darah merah pada tubuh.

Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang menunjukkan penderita anemia juga tidak memiliki jumlah zat asam folat yang cukup di dalam tubuh mereka.

Kandungan asam folat di dalam durian menjadikan manfaat buah durian untuk kesehatan sel darah yang tidak boleh dilewatkan.

10. Mengatasi Insomnia

Bagi sebagian orang, gangguan insomnia adalah hal yang mengganggu kinerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, apalagi jika harus berhadapan dengan aktivitas yang padat keesokan harinya.

Gangguan tidur atau insomnia biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya depresi, stres, gaya hidup tidak sehat dan pengaruh obat-obatan tertentu. Buah durian mengandung zat yang mampu mengatasi insomnia yaitu asam amino triptofan.

Kandungan triptofan yang tinggi pada durian menimbulkan perasaan euforia atau bahagia dengan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Hal ini lah yang membuat seseorang akan merasa tenang dan lebih mudah untuk tidur.

11. Mencegah Depresi

Ternyata, manfaat buah durian untuk kesehatan mental juga ada. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, durian memiliki kandungan asam amino esensial triptofan yang mampu meningkatkan kadar serotonin di dalam otak.

Hormon serotonin dapat dianggap sebagai penstabil suasana hati yang alami. Hal inilah yang membuat serotonin dipercaya dapat mencegah depresi, mengatur kecemasan dan masalah mental lainnya.

12. Memberikan Kulit yang Baik

Manfaat buah durian selanjutnya adalah untuk memberikan kita kulit yang baik. Durian mengandung lebih banyak vitamin C daripada kebanyakan buah tropis lainnya, yaitu 11,6 mg vitamin C per sajian (dua biji durian sedang).

Vitamin C memiliki sifat antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga mengurangi tampilan pigmentasi dan kerutan.

Faktor lingkungan seperti paparan asap rokok dan sinar ultraviolet juga menyebabkan kerusakan radikal bebas pada kulit.

13. Menjaga Kelembapan dan Kekencangan Kulit

Manfaat buah durian lainnya adalah untuk menjaga kelembapan kulit kita.

Buah ini mengandung flavonoid yang mampu meregenerasi sel kulit mati agar kulit kita tetap terjaga kelembapan dan kekencangannya.

Moms bisa menjadikan daging durian yang berwarna kuning dan matang sebagai bahan dasar untuk masker wajah sebelum tidur.

Gunakan masker durian 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit kencang yang sehat dan terjaga.

14. Mencerahkan Kulit

Manfaat buah durian selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Kulit cerah adalah impian banyak wanita di Indonesia. Salah satu buah yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit adalah durian.

Hal ini dikarenakan durian mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Antioksidan yang terkandung dalam buah durian bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Jika Moms rutin melakukan perawatan dengan bahan dasar buah ini maka masalah jerawat akan bisa teratasi.

16. Menyamarkan Flek Hitam

Noda hitam pada wajah akan teratasi dengan perawatan menggunakan buah durian.

Manfaat buah durian ini bisa didapatkan dengan mencampurkan durian kuning dan matang yang telah dipisahkan dari biji dengan 2 sendok makan madu. Jadikan campuran ini sebagai masker wajah.

17. Dapat mengobati Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Salah satu penyebab masalah kesuburan adalah munculnya PCOS atau biasa dikenal dengan kondisi ketidak seimbangan hormon.

Durian yang anti-inflamasi dan anti-hiperglikemik dapat mengatasi sindrom metabolisme yang berguna untuk meningkatkan kesuburan.

18. Durian mengandung estrogen

Menurut Dr. K. Francis, kepala Departemen Botani di Bharathiar University di India, buah durian ternyata mengandung estrogen.

Hormon ini sebenarnya diproduksi secara alami pada tubuh manusia.

Namun, beberapa perempuan tidak memiliki produksi hormon yang cukup sehingga berisiko menyebabkan ketidaksuburan.

Jumlah estrogen dalam durian ini lah yang membantu Moms hamil secara alami.

Kandungan Nutrisi pada Buah Durian

Penelitian mengungkapkan bahwa durian memiliki jumlah nutrisi yang cukup mengesankan. Menurut United States Department of Agriculture dalam 100 gram durian mengandung nutrisi-nutrisi seperti:

• Energi sebanyak 147 kkal

• Protein sebanyak 1.47 gram

• Karbohidrat sebanyak 27.09 gram

• Serat sebanyak 3.8 gram

• Kalsium sebanyak 6 mg

• Kalium sebanyak 436 mg

• Vitamin C sebanyak 19.7 mg

• Riboflavin sebanyak 0.2 mg

• Asam Folat sebanyak 36 micro g

Selain itu, durian juga mengandung vitamin B6 dan A, niacin dan beberapa senyawa tumbuhan seperti flavonoid, karotenoid, antosianin dan polifenol. Sedangkan mineral dalam buah durian terdiri dari zat besi, kalsium, fosfor dan zinc.

Efek Samping Durian

Meskipun banyak sekali manfaat buah durian untuk kesehatan, tetapi mengonsumsi buah durian dalam jumlah banyak atau berlebihan dapat memberikan risiko-risiko yang justru akan berbahaya untuk kesehatan.

Efek samping durian jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan produksi gas berlebih di dalam perut, sehingga membuat rasa tidak nyaman. Selain itu beberapa reaksi lainnya seperti sakit perut, muntah dan alergi juga dapat terjadi pada beberapa orang.

Penderita diabetes juga harus membatasi konsumsi buah ini agar tidak mendapat efek samping buah durian.

Meskipun kadar glikemik yang rendah pada durian, tapi beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi durian secara berlebihan dapat memperburuk penyakit diabetes pada seseorang.

Hal ini terjadi karena konsumsi durian yang berlebihan justru meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Efek samping durian juga dapat muncul jika mengonsumsi makanan pedas dibarengi dengan memakan durian dalam bentuk apapun termasuk dessert.

Kombinasi kedua makanan ini mengakibatkan produksi gas di dalam perut meningkat, hal ini juga dapat memicu datangnya penyakit lambung seperti maag dan asam lambung. Fatalnya, masalah ini juga bisa menimbulkan kematian.

Durian memiliki barisan penggemar garis kerasnya tersendiri sebab rasanya yang lezat, dagingnya yang lembut dan manis, dan buahnya tidak terlalu sulit ditemukan di Indonesia.

Olahan durian juga tidak kalah enaknya dan wajib dicoba pecinta buah ini. Yuk, makan durian!

Artikulli paraprak738 Unit Rumah Rusak Tersebar di 27 Kecamatan Akibat Gempa di Banten
Artikulli tjetërMenjaring Untung Dengan Bisnis Akuarium Ditengah Pandemi