Beranda Kominfo Kutai Kartanegara APBDes Kecil, Loa Lepu Jalin Kerjasama untuk Bangun Desanya

APBDes Kecil, Loa Lepu Jalin Kerjasama untuk Bangun Desanya

1133
0

Satumejanews.id. KUTAI KATANEGARA – Guna meningkakan kesejahteraan masyarakat, Desa Loa Lepu, Kecamatan Tnggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menjalin kerjasama dengan berbagai ihak. Terutama dalam pelaksanaan pembangunan di seluruh desa.

“Sebab, jika hanya mengandalkan APB-Desa saja, tentunya tidak bisa menjangkau pembangunan di seluruh desa. Sehingga kita menjalin kerjasama yang baik dengan pihak terkait. Terutama bantuan dari Pemkab Kukar yang selama ini telah berjalan dengan baik,” kata Sekretaris Desa Loa Lepu, Rudian Noor.

Selain itu menurutnya, para angota legislatif di Kukar juga memiliki pokok-pokok pikiran yang bisa disalurkan ke desa Loa Lepu. Pihaknya terus menjalin komunikasi yang baik, agar setiap tahun ada pokir anggota dewan yang diarahkan ke Loa Lepu.

Dalam upaya mengatasi keterbatasan tersebut, Desa Loa Lepu secara aktif membuka akses untuk melibatkan pihak terkait, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, anggota DPRD, dan pihak terkait lainnya.

“Kami juga terbuka kepada masyarakat dalam usulan pembangunan tersebut. Jika ada warga yang memberikan masukan atau usulan, kami teriam dan diperjuangkan. Prinsipnya musyawarah sangat penting dilakukan, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah Rudian Noor.

Pihaknya  juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menyampaikan ide dan proposal untuk kepentingan bersama. “Jadi untuk masyarakat kami pemerintah desa selalu membuka pintu untuk menerima usulan yang dapat memfasilitasi kepentingan dan permasalahan masyarakat, untuk di usulkan kepada pemerintah,”ujarnya.

Dalam konteks alokasi anggaran, Desa Loa Lepu mengutamakan pendekatan musyawarah untuk menentukan prioritas pembangunan. Meskipun anggaran Desa Loa Lepu terbatas, pihaknya berupaya mengalokasikan dana sebesar mungkin ke sektor yang dianggap paling penting, baik melalui pendanaan langsung dari negara, APBDes, maupun bantuan dari pihak terkait lainnya.

Dengan demikian, melalui kerjasama antara pemerintah desa, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, Desa Loa Lepu terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan wilayahnya sesuai dengan kebutuhan dan potensi lokal. (adv/diskominfo)

Artikulli paraprakCamat Loa Kulu : Lampu Penerangan Jalan, Meminimalisir Tindak Kejahatan dan Kecelakaan
Artikulli tjetërCagub dengan Kekayaan Rp346 Milyar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini