Beranda Kalimantan Selatan Dua Figur Wabup akan Ramaikan HSS-1 2024, Syamsuri : Ulun Fokus Selesaikan...

Dua Figur Wabup akan Ramaikan HSS-1 2024, Syamsuri : Ulun Fokus Selesaikan Masa Jabatan Dulu

525
0

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad. Gbr atas : Wabup HSS, Syamsuri Arsyad ketika menerima salah satu penghargaan di ruang kerjanya.

Satumejanews.id. KANDANGAN – Bisik-bisik politik menjelang 2024 mulai ramai di  Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan. Isunya ada dua sosok Wakil Bupati (Wabup) yang akan meramaikan suksesi Bupati HSS atau HSS-1 pada Pilkada 2024.

Siapakah dua figur Wabup itu? Pertama, Wabup HSS yang ada sekarang, Syamsuri Arsyad,  dan kedua Wabup Tapin di Kota Rantau, H Syafrudin Noor atau lebih akrab disapa Udin Ansar.

“Isu santernya yang aku dengar memang begitu. Ada dua nama Wabup yang sudah ramai disebut  masyarakat akan maju sebagai bakal calon bupati (Bacabub) HSS 2024 nanti,”  ucap Mohamad Aini.

Bicara kepada awak media ini, Selasa (7/2/2023),  salah satu tokoh warga Bamban Utara, Kecamatan Angkinang — HSS, itu belum tahu persis apakah ada figur lain yang akan maju, selain dua nama Wabup tersebut.

Abdussamad  pun mengiyakan.  Mantan Kades atau Pembakal Desa Gumbil,  Kecamatan Telaga Langsat — HSS, itu menguatkan ucapan Aini.  Samad menyebut, nama Udin Ansar positif akan maju sebagai bakal calon Bupati HSS tahun 2024.

Wabup Tapin, H Syafrudin Noor atau Udin Ansar (kiri) berbinsang serius dengan Pembakal Ijas, Suryani dan mantan Camat Ardiansyah.

“Yang aku tahu, Udin Ansar yang Wakil Bupati Tapin itu akan maju. Sebab, Bupati HSS sekarang, H Achmad Fikry tidak mungkin lagi mencalonkan diri karena masa jabatannya sudah dua periode,” ujar Samad  secara terpisah.

Setahu Samad, figur Udin Ansar atau nama aslinya Syafrudin Noor itu  sudah positif calon dari NasDem. Soal apakah ada partai pendukung lain seperti misalnya Gelora,  Samad  mengaku belum mengetahui persis.

Terkait Wabup HSS Syamsuri Arsyad sendiri?  “Aku dengar Pak Kacuwi (sapaan karib Syamsuri)  juga akan maju. Tapi, aku belum tahu apakah Pak Kacuwi bakal calon melalui partainya PKS (Partai Keadilan Sejahtera) atau jalur independen,”  timpal mantan Pembakal Gumbil itu.

Lantas apa kata Syamsuri terkait namanya santer disebut sebagai figur bakal calon Bupati HSS? Syamsuri sendiri menjawab agak diplomatis. Begini ucapan Pak Kacuwi kepada awak media ini.

“Alhamdulillah, kalau Ulun (saya) termasuk yang dibicarakan jadi figur. Untuk maju atau tidak sangat lama lagi, Pa, masih dua tahunan,” tulis Wabup Syamsuri Arsyad melalui pesan WA.

“Sekarang Ulun fokus  menyelesaikan sisa masa jabatan dulu.  Soal nanti maju atau tidak sangat banyak faktor yang mempengaruhinya. Ulun kada handak di sisa jabatan ini Ulun sibuk untuk soal calon bacalon,” timpal politisi PKS itu.

Walau begitu, Pak Kacuwi tetap mohon doa masyarakat. “Doakan saja Ulun mudahan diberikan yg terbaik, dan kalau harus maju, mudahan dapat dukungan yang baik dari masyarakat HSS,” pungkasnya.

Sejauh ini belum didapat konfirmasi terpisah dengan Udin Ansar. Tapi, Udin Ansar yang putra kelahiran Sungai Raya, HSS, itu diketahui sering turun silaturahmi ke sejumlah desa di wilayah “Bumi Rakat Mufakat” HSS ini.

Januari 2023 lalu, misalnya, Udin Ansar sempat silaturahmi ketika menghadiri walimah perkawinan di Desa Bamban, Angkinang — HSS. Kehadirannya disambut antusias sejumlah pemuda dan tokoh masyarakat seperti mantan Camat Ardian, Alimin, Rodi Bastian, Pak Samad,  tuan rumah hajatan Pembakal Ijas dan lainnya.

Tak cuma itu saja. Saat walimah perkawinan itu pula hadir Pak H Suriani, warga dari Nagara, HSS, dan mantan Kadisdukcapil HSS yang juga disebut akan menjadi pasangan Udin Ansar sebagai Bacawabup HSS pada Pilkada 2024 nanti.

Benarkah begitu Pak Suriani? “Insya Allah, dan tolong doa saja  mudahan perjalanan kita nanti bisa sukses dan berhasil,” ucap Suriani sambil tersenyum kepada awak media ini. (sm10)

Artikulli paraprakZailani, Wartawan Kaltim Warnai Buku Antologi Puisi Tiba-Tiba Sunyi HPN 2023
Artikulli tjetërSamarinda Berlakukan Tilang Elektronik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini