Beranda Kalimantan Selatan Jelang Ramadhan, Siswa SMPN 1 HST Bersih-bersih Langgar dan Mushalla di Lingkungan...

Jelang Ramadhan, Siswa SMPN 1 HST Bersih-bersih Langgar dan Mushalla di Lingkungan Sekolah

22211
0

BARABAI, Satumejanews.id – Anak-anak SMP Negeri 1 Hulu Sungai Tengah (HST) di Kota Barabai, Kamis (24/3/2022), ramai-ramai kerja bersama membersihkan 6 buah Langgar atau Mushalla di sekitar lingkungan sekolah.

Gerakan pembersihan tempat ibadah ummat Muslim ini sebagai persiapan menjelang tibanya bulan puasa Ramadhan 1443 H. Pembersihannya sendiri meliputi pekarangan, tempat wudhu, toilet dan didalam ruangan.

Enam Langgar atau Mushalla yang menjadi sasaran “gerebek” atau pembersihan para siswa SMPN 1 ini adalah Langgar Baiturruhama di Jalan SMP Kota Barabai.

Lantas Langgar Nurul Wustha Gang Kartini di Jalan Hevia, Langgar Nuruddin di Munti Raya, Langgar Miftahul Khair Munti Raya Dalam, Langgar Al Ikhlas di Kampung Warik, dan Mushalla Nurul Taqwa di Komplek Kodim Barabai.

Kegiatan pembersihan ini membuat beberapa pengelola atau pengurus Langgar/Mushalla ini merasa terbantu. Terutama pengurus Langgar Nurul Wustha di Jalan Hivea dan tokoh masyarakat sekitar Langgar Miftahul Khair Munti Raya.

“Program ini sangat positif dan kami merasa sangat terbantu. Kami berharap program ini selalu diadakan rutin setiap tahun, terutama menjelang puasa Ramadhan ini,” ucap keduanya.

Kepala SMPN 1 HST, Henny Fitriyani menyebut, kegiatan “gerebek” atau pembersihan Langgar/Mushalla ini bertujuan untuk lebih mengasah karakter siswa. Terutama menanamkan prinsip gotong royong sebagai upaya mewujudkan salah satu Profil Pelajar Pancasila.

“Membangun karakter itu tak hanya dengan keshalehan individu, tapi juga memerlukan keshalehan sosial siswa,” ujar Henny Fitriyani. (smn10)

Artikulli paraprakCatatan Rizal Effendi
Artikulli tjetërTruk Tronton Angkutan Semen 30 Ton Terjun ke Sungai, Tabrak Pagar Jembatan Kapuh – Barikin, Kalsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini