Beranda Kalimantan Selatan UAS Bakal Tabligh Akbar di Barabai, Dijadwalkan Nginap Satu Malam

UAS Bakal Tabligh Akbar di Barabai, Dijadwalkan Nginap Satu Malam

3259
0

Satumejanews.id. BARABAI – Kerinduan masyarakat Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, akan sosok Ustadz Abdul Somad (UAS) segera terobati. UAS dijadwalkan datang dan tabligh akbar di Barabai, Sabtu malam nanti, 16 September 2023.

Rencana tabligh akbar muballig kondang asal Pekanbaru, Riau, itu diungkap oleh Ketua Panpel, H Akhmadi. Ia yang Kabag Kesra Setkab HST itu menyebut, UAS akan tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, pada Sabtu siang, 16 Sepetember 2023.

“Insya Allah, hari Sabtu sore (16/9/2023) UAS sudah sampai di Kota Barabai. Beliau nanti dijemput ke Banjarbaru (Bandara Syamsudin Noor, Red) dengan mobil dan Patwal dari Polres HST,” ucap Akhmadi kepada awak media ini.

Akhmadi yang dipercaya Pemkab HST menghadirkan da’i dambaan umat di kawasan Asia Tenggara itu menyebut, UAS sendiri akan menginap satu malam di  Kota “Apam” Barabai. Sedang tabligh akbarnya nanti hanya satu titik saja di Lapangan Dwi Warna, Barabai.

Disebutkan, tabligh akbar UAS di “Bumi Murakata” ini merupakan  keinginan Pemkab HST melalui Bupati H Aulia Oktafiandi dan Wakil Bupati H Mansyah Sabri. Tabligh ini digelar dalam kaitan Mensyukuri Kemerdekaan RI ke-78, dengan mengetengahkan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

Di bagian lain, masyarakat HST cukup antusias menyambut rencana tabligh akbar UAS. Itu tergambar dari spanduk spanduk yang sudah menghias jalanan dan berbagai sudut Kota Barabai, termasuk selebaran di papan pengumuman masjid dan surau atau langgar.

Spanduk dan selebaran dengan memasang foto Bupati Aulia dan Wabup Mansyah Sabri bersama UAS itu berisi ajakan ke seluruh masyarakat. Ajakan menghadiri dan menyaksikan tabligh akbar UAS di lapangan yang menjadi titik sentral  kegiatan Pemkab HST itu.

“Tabligh akbar ini positif. Sangat bagus karena menggambarkan masyarakat HST relegius. Hanya saja, masyarakat juga jangan terlalu terpaku dengan tabligh akbar saja,” ucap Ustadz KH Murjani Nurani atau Guru Andang kepada awak media ini.

Guru Andang dari Desa Andang — Haruyan, HST, itu menyebut, tabligh dengan menghadirkan penceramah luar atau da’i ternama seperti UAS sangat bagus. Tapi, tabligh akbar itu sifatnya sekali kali saja sebagai penyegaran untuk menambah ilmu pengetahuan warga.

“Cara yang lebih bagus, menurut saya, mendatangi pengajian rutin di kampung kampung, karena itu lebih efektif untuk menambah ilmu pengetahuan,”  ujar Guru Andang secara terpisah, Senin (11/9/2023).

Guru Andang pun mengimbau masyarakat HST untuk datang dan menyaksikan tabligh akbar UAS. Menariknya, momentum tabligh ini pun digelar Pemkab HST bertepatan dengan bulan Rabiul Awal 1445 H atau bulan kelahiran (Maulid)  Nabi Besar Muhammad SAW.

Bulan Maulid sendiri di wilayah HST dan daerah lainnya di “Hulu Sungai” Kalsel seperti diketahui dirayakan masyarakat sebulan penuh. Tradisi Maulid tak hanya dihelat di masjid dan mushalla, tapi juga di rumah rumah pribadi warga secara bergiliran.

Bukan itu saja. Momen ceramah UAS  pun agaknya relevan terkait kondisi cuaca ekstrem musim kemarau sekarang. Lantaran itu,  tauziahnya nanti diharapkan bisa  menambah dan meningkatkan ilmu pengetahuan warga dalam menyikapi hidup dan kehidupan di dunia dan akhirat. Aamiin. (sm10)

Artikulli paraprakAir Bersih di HST Masih Normal, Firnadi : Oktober tak Hujan, Kami Antisipasi Pengerukan Intake
Artikulli tjetërUrus KTP Cukup di Kecamatan, Warga Telen Tak Perlu ke Sangatta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini