Beranda Infrastruktur Taman Rekreasi Selecta Berbenah Jelang Liburan Akhir Tahun 2022

Taman Rekreasi Selecta Berbenah Jelang Liburan Akhir Tahun 2022

329
0

Satumejanews.id BATU- Taman Rekreasi Selecta Kota Batu, berbenah diri hadapi liburan akhir tahun Desember 2022 dan jelang tahun baru 2023.

Direktur Utama Selecta Sujud Hariadi
menjelaskan pembenahan yang dilakukan yakni dengan membangun kembali fasilitas kamar mandi air panas, kamar ganti, ruang P3K dan ruang Laktasi juga penggantian kaca aquarium.

Disebutkan, Pembangunan yang dilakukan 2 gedung tersebut, semata untuk keselamatan ( safety ) para pengunjung.

Mengingat bangunan yang di robohkan merupakan bangunan tua buatan Belanda 70 tahun lalu.

” Bangunan ini sudah tidak layak lagi karena usianya sudah lebih dari 70 tahun. Dimana bangunan tua tersebut berisi kamar ganti, dan kamar mandi air panas ” tandas Sujud.

Pembongkaran dan membangun kembali fasilitas tersebut dalam upaya memberi penyegaran dan warna baru terutama pelayanan terhadap pengunjung serta safetynya.

” Kita membongkar total dan kita bangun ulang lagi. demi safety dan pengamanan pengunjung. Karena Ini merupakan bangunan publik harus benar-benar aman untuk publik. Disamping itu kita perbaiki aquarium dengan menata ulang untuk lebih safety. Kaca aquarium di ganti semuanya. Dengan temperglass sehingga ketika pecah jadi butiran tidak runtuh terlempar yang membahayakan pengunjung” lanjutnya.

Sujud Hariadi yang juga sebagai ketua PHRI Kota Batu menjelaskan bangunan yang dibangun tetap dengan model dan design seperti
yang lalu kayak awal dibangun Belanda.

” Bangunan ini tetap dengan model design bangunan gaya (style) Belanda karena orang lebih senang dengan model heritage. Jadi kita upayakan model dan bentuk bangun
sama dengan yang dulu ” paparnya.

Diungkapkan model bangunan dengan stylis Belanda dengan dilengkapi dengan kanopi kain seperti zaman dahulu,sehingga pengunjung seakan menikmati obyek wisata Selecta di era Belanda.

Jumlah kamar mandi air panas 10 unit, di lantai atas dan dibawahnya kamar ganti 8 unit. Ada.tambahan
dengan membangun ruang P3K yang semula ada di luar kini kita pindahkan ke bagian tengah, sehingga dekat dengan keramaian atau dekat dengan kolam renang. Lokasinya di bagian bawah, selain ruang P3K dan ruang lakstasi. Sehingga memudahkan jangkauan.

” pengunjung yang akan melakukan kegiatan seperti ibu yang kepingin ganti popok putranya atau menyusui, jikq selama ini lokasinya jauh kini didekatkan dengan pusat keramaian dan kolam renang ” ujar Sujud.

Dengan adanya bangunan baru yang bercorak Belanda, yang diperkirakan selesai pertengahan Desember 2022, akan menjadi daya tarik wisatawan ketika menikmati liburan akhir tahun Desember 2022.

Taman Rekreasi Selecta Kota Batu memiliki berbagai macam fasilitas bermain untuk anak-anak dan kolam renang serta udara yang sejuk karena berada di ketinggian sekitar 1.150 meter dari permukaan laut.

Selecta memiliki taman cantik seluas 20 hektare dan dikelilingi Gunung Arjuno, Gunung Welirang serta Gunung Panderman.

Taman Selecta yang legendaris ini ternyata sudah ada sejak Tahun 1928 dibangun oleh seorang Belanda, bernama De Ruyter De Wildt pada 1920-1928.

Selectia yang dalam bahasa Belanda berarti Pilihan. Lokasi ini awalnya ditujukan sebagai tempat peristirahatan pembesar Pemerintah Hindia Belanda. Tempat pelesir pilihan golongan Eropa.

Saat Agresi Militer Belanda II pada 1949, Selecta sempat dibumihanguskan oleh para pejuang Indonesia. Ini bagian dari taktik Malang Bumi Hangus, agar seluruh aset tak kembali jadi milik Belanda.

Setelah proklamasi kemerdekaan, tepatnya pada 1950 Selecta dibangun kembali oleh 47 orang pendiri. Mereka juga membentuk perseroan terbatas untuk mengelolanya.

Taman Wisata Selecta dilengkapi berbagai wahana, di antaranya kolam renang, taman bunga, wahana ketangkasan mancakrida seperti luncur gantung, wahana bermain anak, Theater 4D dan sebagainya.

Rata – rata kunjungan wisatawannya ada sebanyak 1.000 – 1.500 pengunjung di hari biasa. Saat akhir pekan bisa mencapai 3.500 – 15.000 wisatawan.

Tiket masuk ke Selecta sendiri hanya sebesar Rp 40 ribu. (Buang Supeno)

Artikulli paraprak57 Tahun Bangkaltimtara,Gambaran Kemajuan Ekonomi Kaltim
Artikulli tjetërJelang HUT, Walikota Batu Ziarah ke Makam Leluhur