Beranda Kutai Timur David : Sektor Pertanian Perlu Ditunjang Irigasi dan Perlatan yang Memadai

David : Sektor Pertanian Perlu Ditunjang Irigasi dan Perlatan yang Memadai

968
0

Satumejanews.id. SANGATTA – Meski Kutim dikenal sebagai batubara dan kelapa sawit, namun sektor pertanian juga harus diperhatikan dengan baik. Adalah anggota DPRD Kutim, David Rante, meminta pemerintah memberikan perhatian lebih pada sektor yang satu ini.

“Lahan produksi padi hendaknya diperhatikan dengan baik. Setidaknya, untuk kawasan yang memiliki potensi menghasilkan padi sawah, ditunjang dengan pengarian yang memadai,” kata anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kutim ini, Sabtu (5/11/2022)

Jika lahan persawahan ditunjang dengan pengairan atau irigasi yang baik, dia optimis akan menghasikan padi sawah yang maksimal. Setidaknya bisa panen dua kali dalam setahun, apabila pengairan dan sarana lainnya diperhatikan dengan baik.

Menurutnya, lahan padi sawah di Kutim seharusnya tidak hanya tadah hujan semata. Namun sudah ditunjang dengan irigasi seperti di Jawa maupun Sulawesi, sehingga hasil yang diperoleh juga maksimal.

Selain pengairan yang memadai, infrastruktur jalan pertanian juga diperbaiki dengan baik. Dia berharap pemerintah bisa menyelesaikan persoalan tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kemudian untuk menunjang sektor pertanian dengan mudah, diperlukan peralatan dan teknologi yang memadai. Jika sektor pertanian memanfaatkan teknologi dan perlatan yang modern, Daid Rante optivis, hasil padi sawah di Kutim akan melimpah. Bahkan di daerah tertentu bisa surplus dan dapat memasok ke daerah lainnya.

“Tidak menutup kemungkinan, ketergantungan beras dari luar yang selama ini dilakukan, bisa berkurang. Atau suatu saat Kutim bisa memenuhi kebutuhan beras sendiri untuk masyarakat,” katanya. (adv/*)

Artikulli paraprakKetua DPRD Apresiasi Deklarasi Damai Cakades
Artikulli tjetërSetelah Perda Nomor 2/2022, Pemkab Diminta Segera Buat Perbup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini