BARABAI – Komandan Kodim 1002/HST, Letkol Kav Gagang Prawardhana boleh tahan juga. Unjuk kebolehan naik motor trail konvoi bersama anggota dan Komunitas Trail Barabai (KTB) menyambangi desa terisolir di kawasan pegunungan Meratus.

Desa yang disambangi Rabu itu, 29 Juni 2022, adalah Desa Datar Batung (DDB), sekira 30 km arah Timur dari Makodim 1002/HST di Barabai. DDB masuk Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), HST, Kalimantan Selatan.

Jarak 30 km dari Kota Barabai itu, sebut Pendim 1002/HST, Kamis (30/6/2022), tidak menyurutkan Dandim dan rombongan konvoi menuju DDB. Padahal, harus melalui jalanan berbatu, terjal dan licin berlumpur di kawasan pegunungan Meratus itu.

Kehadiran Dandim 1002/HST dan rombongan disambut Kepala Desa, Rama, dengan suka cita. Dandim pun disuguhi tarian “Bakanjar”, satu tarian penyambutan tamu yang menjadi ciri khas adat Dayak Meratus.

Apa maksud Dandim Letkol Kav Gagang Prawardhana ke desa ini? “Saya dan anggota Kodim 1002/HST ke sini ingin membantu atau memfasilitasi dengan pemerintah daerah terkait kondisi jalan yang rusak dan harus ada perhatian atau perbaikan,” ucapnya.

Ia menambahkan, kalau jalan di sini baik, maka masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar. Mudah membawa hasil kebun atau hutan sehingga ekonomi akan naik dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat pula.

Keinginan Dandim 1002/HST itu disambut ceria Kades Rama dan warganya. “Terima kasih Pak Dandim datang ke desa kami. Kami dan warga sangat berharap adanya bantuan perbaikan jalan ini dari Pemda melalui Kodim 1002/HST,” harap Pembakal di desa terisolir itu. (smn10)

Artikel sebelumyaBhabinkamtibmas Polres HST Terlibat STBM, Warga Diharap Tak Buang Air Besar Sembarangan
Artikel berikutnyaKasmidi Janjikam Bonus bagi Atlet yang Raih Medali