Beranda Kalimantan Selatan Pilkades HSS : Ismail Leading di Bamban Utara, Huzaifah Berjaya, Rahmadi Ungguli...

Pilkades HSS : Ismail Leading di Bamban Utara, Huzaifah Berjaya, Rahmadi Ungguli Tuan Rumah

12893
0

KANDANGAN – Senyum keceriaan menggurat Ismail (60), calon nomor urut 2 seusai penghitungan suara Pilkades Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kamis, 2 Juni 2022. Pilkades Bamban Utara ini sebagai bagian dari Pilkades serentak semua desa di HSS, Kalsel.

Ismail atau Pa Mail yang memasuki masa pensiun (MPP) dari Guru SD itu “leading” (memimpin) dengan 472 suara dari dua TPS yang ada. Pa Mail unggul 63 suara dari calon petahana nomor 3, Mursidi (52) yang mendapat 409 suara. Calon nomor 1 sendiri, Muhammad Yamin (30) hanya kebagian 87 suara.

Lantas di Pilkades Bamban, calon nomor urut 3, Huzaifah, berjaya. Dia menyisihkan calon petahana nomor urut 1, Barni. Mantan Kades ini sempat unggul 139 suara di TPS 1 ketimbang Huzaifah yang mendapat 102 suara.

Namun, di TPS 2 Dusun Tangang yang menjadi basisnya, Huzaifah menang telak. Ia meraup 212 suara seperti angka keramat 212 Wiro Sableng saja, terpaut jauh dengan Barni yang mendapat 89 suara.

Total perolehan Huzaifah di dua TPS itu 303 suara, dan Barni 229 suara. Dua calon lainnya di Desa Bamban, yakni Asiah (nomor 2) dan Rusmin Nuryadin (nomor 4) masing-masing 61 dan 116 suara.

Pilkades Bamban Selatan lain lagi. Di sini, calon nomor 1 dari Dusun Pakuan, Rahmadi mengungguli tiga calon tuan rumah dari Bamban Selatan sendiri, masing-masing Maya Puspita (nomor 2), Alfian Hazmi (nomor 3), dan Yudi Hasman (nomor 4).

Rahmadi memang kalah di TPS 1 dengan 40 suara, kontras dengan Yudi Hasman yang meraup 270 suara. Tapi, di TPS 2 yang menjadi ladangnya, Rahmadi merebut 272 suara dan rivalnya Yudi hanya 33 suara.

Total perolehan suara Rahmadi 312 atau unggul 9 suara saja dari Yudi yang mendapat 303 suara. Sedang Bu Maya Puspita 42 suara, dan Alfian Hazmi 31 suara.

Gelaran Pilkades tiga desa di Kecamatan Angkinang, HSS, ini terpantau awak media ini aman, tertib dan lancar. Masyarakat yang memberikan hak pilihnya cukup besar seperti terlihat relatif kecilnya angka suara rusak.

Di Bamban Utara, misalnya, dari 984 kertas suara pemilih, hanya 16 suara rusak atau suara sahnya 968. Lantas di Bamban atau Bamban Induk suara sah tercatat 718 dan suara tidak sah 120. Sedang di Bamban Selatan 688 suara sah dan 28 suara tidak sah.

“Alhamdulillah, proses pemilihan di Bamban Utara dan dua desa di Bamban lainnya terpantau berjalan baik, aman tertib dan lancar,” ucap Ketua PPS Bamban Utara, Radi Farhanie dan Wakilnya Saberi sambil menandatangani dan merapikan dokumen hasil pencoblosan Pilkades itu. (smn10)

Artikulli paraprakTangisan Hamidah, dan Syukuran Lemang Tandai Keunggulan Ismail di Pilkades Bamban Utara HSS
Artikulli tjetërBalikpapan Anti Tambang