Beranda Kalimantan Selatan Persami Jenjang SD Serentak di HST, Kepala Disdik : Ini Upaya Akselerasi...

Persami Jenjang SD Serentak di HST, Kepala Disdik : Ini Upaya Akselerasi Kurikulum Merdeka

1241
0

Satumejanews.id BARABAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan, melakukan gebrakan serentak.  Menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) jenjang Sekolah Dasar (SD), di seluruh ibu kota kecamatan, Kabupaten HST,  9-10 September 2023.

Kegiatan Persami dua hari itu diikuti 193 Satuan Pendidikan jenjang SD sewilayah HST. Persami ini sebagai wujud pelaksanaan kurikulum Merdeka dan aktualisasi penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Kegiatan Persami ini sebagai upaya akselerasi (percepatan) implementasi kurikulum Merdeka bagi peserta didik jenjang SD di  HST,” ujar Kepala Disdik HST,  H Muhammad Anhar.

Dikutip dari siaran pers Senin (11/9/2023), Anhar menyebut,  kegiatan kepramukaan ini sangat mendukung pendidikan karakter. Sebab, semua aktivitas Pramuka seperti nilai Ketuhanan menjadi pondasi awal karakter, semangat gotong royong, tenggang rasa, toleransi dan kreativitas sejalan dengan profil pelajar Pancasila.

“Nah, hal ini tentu kita harapkan berdampak positif terhadap perkembangan generasi kita di HST,” timpal Kadisdik yang gemar olahraga naik sepeda itu.

Anhar menyebut, Persami SD yang digelar ini merupakan kali pertama dilakukan  serentak di Bumi Murakata HST. Begitu pula teknis pelaksanaannya berbeda dari kegiatan sebelumnya.

“Pelaksanaan kali ini berbeda. Persami kami laksanakan secara serentak di sebelas kecamatan dengan pusat kegiatan di SMP (Sekolah Menengah Pertama) masing masing,” urainya, seraya menyebut, hal ini adalah terobosan dan rekor bagi HST karena Persami  dilaksanakan serentak.

Di bagian lain, Dandim 1002/HST, Letkol  Kav Gagang Prawardhana sempat meninjau Persami di Kota Barabai. Ia menyebut,  Persami dan  kepramukaan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk menanamkan karakter bagi peserta didik dalam menjaga NKRI ke depan.

“ini salah satu kegiatan yang luar biasa. Harapan saya, kegiatan ini dapat menanamkan kedisiplinan, kerjasama, dan tentu menjadi pemuda pemudi berkarakter, yang sopan, santun dan beretika.  untuk menjaga NKRI ke depan,” kata Dandim 1002/HST.

Lantas salah satu pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) HST, Hendri Murpianto mengapresiasi Disdik HST. Ia bersama para senior Pramuka di HST menyebut, kegiatan Persami  serentak di 11 kecamatan ini menjadi terobosan kepramukaan di HST.

“Kami mengapresiasi Disdik HST, karena sukses menggelar Persami di 11 kecamatan. Hal ini satu pencapaian  luar biasa, dan baru kali ini kami temukan ada perhatian dan kegiatan kepramukaan secara serentak,” katanya.

Persami serentak itu diikut 193 dari 253 SD di wilayah HST. Di Kecamatan Barabai dipusatkan di SMPN 3 HST,  Pandawan di SMPN 6 HST, Batang Alai Utara (BAU) di Halaman Kantor Camat,  Batang Alai Selatan (BAS) di SMPN 2 HST,  dan Batang Alai Timur (BAT) di SMPN 22 HST.

 Lantas Kecamatan Limpasu  di SMPN 35 Satap, Batu Benawa di SMPN 5 HST, Hantakan di SMPN 15 HST, Haruyan di SMPN 8 HST, Labuan Amas Selatan (LAS) di SMPN 4 HST dan  Labuan Amas Utara (LAU) di SMPN 9 HST. (sm10)

Artikulli paraprakUrus KTP Cukup di Kecamatan, Warga Telen Tak Perlu ke Sangatta
Artikulli tjetërFraksi AKB Menerima Dan Menyetujui Perda APBD Perubahan 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini