Beranda Jawa Timur Hujan Deras Melanda Kota Batu, Akibatkan 4 Lokasi Di Kecamatan Bumiaji Longsor

Hujan Deras Melanda Kota Batu, Akibatkan 4 Lokasi Di Kecamatan Bumiaji Longsor

5360
0

Satumejanews.id BATU – 4 lokasi di kecamatan Bumiaji Kota Batu secara bersamaan longsor, akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu, Minggu (25/3/2023).

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu membenarkan adanya 4 lokasi longsor yang ada di Kecamatan Bumiaji akibat hujan dengan intensitas tinggi.

Disebutkan 4 kejadian longsor menimpah Jl. Seman RT 3 RW 1, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Jl. Raya Punten 83, Dusun Gempol, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, jl. Wongso, Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji dan
Dusun Kekep RT 01 RW 05, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Agung menyebutkan longsor di Jl. Seman RT 3 RW 1 Desa Punten akibat rekahan pada tebing dengan dimensi panjang 13 m dan tinggi 6 m sangat berpotensi untuk terjadi bencana tanah longsor dan berdampak pada kondisi rumah warga.

Sedangkan longsor di. JL. Raya Punten menyebabkan longsornya tebing plengsengan di tepi jalan di bawah bangunan warung/toko kelontong milik Ibu Ningwaris warga Dusun Gempol. Plengsengan longsor dengan dimensi panjang 15 m dan tinggi 3 m.

” Bangunan warung/toko kelontong milik ibu Ningwaris mengalami kerusakan berat dan perabotan warung sebagian rusak” ungkap Agung.

Sementara longsornya lainnya yakni tebing di tepi Jl. Wongso RT 6 RW 1, Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.
Tebing longsor dengan dimensi panjang 4 m dan tinggi 8 m.

Material longsor jatuh ke rumah milik Bpk Suliadi dan menyebabkan kerusakan ringan serta menutup akses jalan ke gudang milik Bpk. Suliadi.

Longsor yang keempat di dusun Kekep RT 01 RW 05 Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji dengan dimensi longsong panjang 12 m, Tinggi 4 m, dan Lebar 1,5 m,

” material longsor merusak sekitar 100 meter tanaman cabai siap panen dan bibit jeruk warga dusun Kekep desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji” lanjut Agung

” karena derasnya intensitas curah hujan,menyebabkan tanah Longsor dengan dimensi Panjang 12 m, Tinggi 4 m, dan Lebar 1,5 m, di RT.01 RW 05 dusun Kekep desa Tulungrejo ” sambungnya.

Upaya untuk mengatasi dengan melakukan kaji cepat dengan koordinasi dengan pihak terkait serta
Pemasangan garis pengaman.

Agung juga merekomendasikan tindak lanjut ke tahap Jitupasna dan pembangunan ulang kembali Plengsengan Teknis.

Agung menghimbauan kepada warga masyarakat untuk tidak memotong tanaman keras dan sering membersihkan saluran drainase pemukiman yang bisa menyebabkan saluran drainase tersumbat yang bisa mengalibatkan bahaya banjir.

” mari kita jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke saluran drainase agar tidak terjadi penyumbatan dan banjir, serta memotong pohon di musim penghujan ini ” Ungkap Agung.

Personil/Intansi yang terlibat dalam penanggulangan banjir di kecamatan Bumiaji yaitu BPBD Kota Batu, Babinsa, Perangkat Desa, FPRB, Tagana Kota Batu, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Relawan BPBD Batu dan warga desa . ( Buang Supeno)

Artikulli paraprakSemarakkan Ramadan, SMSI dan PWI Kutim Gelar Lomba Cerdas Cermat di Ponpes Ibnu Katsir
Artikulli tjetërPermprov Targetkan RS Mata dan RS Korpri Beroperasi Tahun Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini