Beranda DPRD Kaltim DPRD Kaltim Dorong Pemprov Kaltim Prioritaskan Pembangunan Irigasi

DPRD Kaltim Dorong Pemprov Kaltim Prioritaskan Pembangunan Irigasi

1329
0

Satumejanews.id. SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim agar memprioritaskan pembangunan bendungan dan embung di beberapa wilayah persawahan. Hal tersebut ia sampaikan guna memudahkan para petani di Kaltim mendapatkan air irigasi yang berkelanjutan.
Seno menyebut, sistem irigasi merupakan bagian yang sangat penting dalam sektor persawahan, dikarenakan irigasi sendiri berfungsi untuk memastikan bagaimana sistem pengairan yang akan mengaliri sawah-sawah disekitarnya.
Politisi partai Gerindra itu melanjutkan, ada beberapa lokasi yang sudah ditetapkan untuk pembangunan bendungan dan embung, antara lain di Kutai Kartanegara (Kukar) dan Samarinda. Seno berharap, Pembangunan bendungan dan embung itu bisa segera direalisasikan dan dimanfaatkan oleh petani-petani di Kaltim.
“Bendungan dan embung itu penting untuk menyediakan air irigasi yang berkelanjutan untuk petani. Apalagi, beberapa waktu lalu musim kemarau menghampiri Kaltim. Sudah pasti, musim kemarau itu memberikan dampak terhadap hasil-hasil pertanian yang ada. Sehingga, hasil panen tidak maksimal,” lanjutnya.
Dirinya menegaskan pembangunan irigasi akan menjadi prioritas bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim pada 2024 sampai 2025 mendatang.
“Kami sudah berkomunikasi dengan pak Pj Gubernur, bahwa sektor pendukung ini semestinya sudah menjadi program prioritas,”tegasnya.
Seno juga mengapresiasi program-program yang sudah dilakukan oleh Pemprov Kaltim untuk mendukung peningkatan hasil pangan di Kaltim, seperti bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan), bantuan bibit, dan lain-lain. (Adt/adv/DPRD Kaltim)

Artikulli paraprakDPRD Kaltim Sebut DBOD Harus Miliki Landasan Hukum
Artikulli tjetërSalehuddin Sayangkan Perusahaan Tutupi Kasus K3 untuk Raih Predikat Zero Accident

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini