Beranda Pendidikan STAI Balikpapan Menuju Akreditasi Prodi

STAI Balikpapan Menuju Akreditasi Prodi

8946
0

Satumejanews.id BALIKPAPAN – Kabar baik datang kepada Sekolah Tinggi Agama Islam Balikpapan, lantaran Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah akan mendapatkan akreditasinya. Hal ini merupakan langkah baik untuk kemajuan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Balikpapan dibawah Yayasan Perguruan Ibnu Khaldun Balikpapan ke depan.

Beberapa hari lalu, di hari Kamis dan Sabtu (16-18 Maret 2023), Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih, MPd dan Dr. Sumarno, MPd dari tim Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) mengunjungi STAI Balikpapan dalam rangka uji validitas berkas untuk meninjau Laporan Evaluasi Diri.

Sebelum tim Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) tiba, telah dilayangkan berkas-berkas keperluan penunjang akreditasi kepada Lamdik, yang kemudian dilakukan uji lapangan berupa wawancara dengan Dr. Arif Rahman Arofah, M.Pd Ketua STAI beserta jajaran, Kaprodi PGMI, serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STAI Balikpapan.

Kaprodi PGMI Mohammad Baihaqi, M.Pd menuturkan bahwa kedatangan tim akreditasi ini bentuk upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan kampus maupun mahasiswa STAI Balikpapan.

“Sebelum ada upaya peningkatan akreditasi ini, mahasiswa STAI Balikpapan yang khususnya prodi PGMI agak kesulitan dalam mengurus berkas-berkas termasuk meng-apply beasiswa, Karena butuh akreditasi yang minimal B,” jelasnya kepada tim Media Perspektif.

Lebih lanjut, Baihaqi menjelaskan bahwa semua berkas untuk keperluan sudah dilengkapi dan kini hanya tinggal menunggu hasil serta ikhtiar yang kuat. “Harapannya setelah kinerja yang maksimal yang kita berikan akan mendapatkan hasil yang maksimal pula,” pungkasnya.

Salah satu mahasiswa yang turut hadir dalam penilaian tersebut, Ummu Salamah yang merupakan mahasiswa PGMI semester 8 pun menyumbangkan harapan agar hasil akreditasi ini memuaskan.

“Alhamdulillah sangat bagus dan sangat baik serta sangat memuaskan. Besar harapan kami agar mendapatkan hasil yg sangat memuaskan,” ujar Ummu Salamah.

Ummu juga menambahkan saat ini Program Studi PGMI memiliki wadah tersendiri untuk menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan kepada masyarakat sekitar. Dengan mengangkat nama PKM (Pengabdian kepada Masyarakat).

“Alhamdulillah sudah sejak 1 tahun yang lalu program PkM ini berjalan. Bentuk program nya adalah pengabdian kepada masyarakat untuk mengenalkan betapa pentingnya pendidikan anak mulai dari perkenalan diri, bakti sosial, santunan anak yatim sekaligus mengajak anak-anak berliterasi dan gemar baca dan sebagainya,” tutup ummu.(*)

Artikulli paraprakDefending Terhadap Pembukaan 1NT, Pilih Yang Mana?
Artikulli tjetërChatGPT dan Belajar Bermain Bridge

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini