Beranda Olahraga Persaingan di Open Team APBF 2023 Hongkong Sangat Ketat

Persaingan di Open Team APBF 2023 Hongkong Sangat Ketat

440
0

Oleh : Bert Toar Polii

Pada tanggal 9-17 Juni 2023 di Crowne Plaza Hotel Kowlon East Hongkong akan digelar 53rd Asia Pacific Bridge Federation Championships 2023.

Ada 4 nomor pertandingan beregu yang akan digelar, salah satunya yaitu Open Team untuk memperebutkan Piala Rebullida lambang supremasi bridge untuk Asia Pacifik.

Piala Rebullida Cup telah diperebutkan sejak tahun 1957 di Manila. Sampai saat ini China Taipei menjadi perebut terbanyak Piala ini dengan menjuarai 12 kali dimana terakhir mereka merebutnya tahun 2010 di Hamilton.

Indonesia berada di peringkat kedua dengan 11 kali merebut piala ini dan terakhir tahun 2003 di Manila.

Dalam 4 kali penyelenggaraan terakhir, Jepang merebutnya tahun 2013 dan 2015 sedangkan untuk tahun 2017 dan 2019 direbut China. Ini membuat China telah merebut Piala ini 8 kali sehingga berada di urutan ketiga.

Perebut piala ini selain 4 negara diatas ada Selandia Baru, Australia, Hongkong, India, Thailand dan Philippina.

Saat ini semua perebut piala mengirimkan tim sehingga menjadi pertanyaan apakah Indonesia mampu merebutnya dan membuat skor imbang dengan China Taipei 12-12?

Menurut tukang bridge, persaingan tahun ini sangat ketat. China mengirimkan full team dengan para pemain Zhuang Zejun, Liu Jing,

Liu Ying Hao, Hu Lin Lin, Jua Chuancheng dan Shi Zhengjun yang juga akan menjadi tim yang akan bertanding di Asian Games nanti di Hangzhou. Kecuali Gang Chen yang digantikan Liu Jing tim ini mewakili China di The World Team Championship tahun 2019 di Wuhan China dan lolos ke 8 besar sebagai peringkat dua. Sayangnya mereka salah memilih Polandia dan kalah.

Jepang diperkuat pemain lama Chan Daewei, Kazuo Furata serta dua pemain asal China yang sudah pindah ke Jepang Chen Yuechen serta Li Bin dan dua pasangan baru Ryo Okuno/Ahira Okara.

China Taipei dipimpin pemain kawakan Patrick Huang dengan 5 pemain muka baru.

Hongkong cukup mengejutkan karena tampil berbeda dengan tim yang waktu The 4th Asia Cup sangat hebat prestasinya dengan keluar sebagai juara. Mari kita tunggu hasilnya karena tidak ada satu pemainpun dari Asia Cup yang mewakili Hongkong pada event ini.

Sementara itu India juga mengirimkan tim yang akan mewakili India di Asian Games Hangzhou, yaitu : Ajay Khare, Raju Tolani, Sumit Mukerjee, Jaggy Shivdasani, Rajeswar Tewari dan Sandeep Thakral.

 Tim India meraih medali perunggu di Asia Cup tahun lalu di Jakarta.

Australia juga datang dengan tim yang tangguh, Tonny Leibowitz, Paul Gosney, Paul Dalley, Tonny Nunn, Jamie Thompson dan Robert Fruewirth. Mereka adalah juara Gold Coast Congress 2023.

Selandia Baru juga datang dengan kekuatan penuh. Peraih medali perak The 4th Asia Cup 2023 di Jakarta bertumpu pada pemain yang sarat pengalaman Michael Cornell, Ashley Bach, Peter Newell, Martin Reid, Michael Whibley dan Matthew Brown.

Mari kita tunggu kejutan dari tim Indonesia yang semua pemainnya berasal dari Djarum Bridge Club, yaitu : Stefanus Supeno, Leslie Gontha, Anthony Soebroto, Agus Kustrijanto, Jemmy Bojoh dan Paulus Sugandi sebagai Playing Captain. ***

Artikulli paraprakKetua PAN Kutim Meninggal, DPRD Berduka
Artikulli tjetërJurnalis Kutim Berbagi untuk Korban Kebakaran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini