Beranda Kutai Timur Wabup Serahkan Bantuan 169 Mesin Ketinting kepada Nelayan

Wabup Serahkan Bantuan 169 Mesin Ketinting kepada Nelayan

1726
0

Satumejanews. SANGATTA – Untuk menekan laju inflasi di daerah ini, Pemkab Kutim telah memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat. Seperti dilaksanakannya pasar murah. Kini, giliran nelayan juga memperoleh bantuan berupa mesin ketintin melalui Dinas Kelautan dan Kelautan (DKP).

Penyerahan bantuan mesin ketinting itu, dilakukan Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Selasa 15/11/2022), di kantor DKP. Ada 169 unit mesin ketintit 13 pk/hp yang diserahkan. Bantuan itu tersebar di tujuh kecamatan.

Usai menyerahkan, Kasmidi Bulang mengatakan saat ini aneka program meringankan beban masyarakat tengah digenjot oleh seluruh pemerintah di seluruh Indonesia. Untuk di Kutim yang sudah berjalan adalah pasar murah yang telah digelar di beberapa kecamatan dan berlanjut sampai seluruh kecamatan yang ada di Kutim. Pelaksanaannya adalah Disperindag Kutim. Kemudian penyerahaan ketinting kepada nelayan progran garapan DKP Kutim.

Wabup Kasmidi Bulang didampingi Kadis DKP Suriansyah dan Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasana, menyerahkan bantuan mesin ketinting kepada warga secara simbolis (ist)

“Program ini wajib dilaksanakan setiap pemerintah daerah. Ini adalah salah satu upaya pemerintah menanggulangi inflasi yang ada di daerah akibat kenaikan BBM,” kata Kasmidi.

Ditambahkan Kasmidi, jika program ini sesuai arahan dari Presiden RI Joko Widodo melalui Kementerian, dengan mewajibkan Pemda mengalokasikan APBD-nya sebesar dua persen untuk menekan laju inflasi di daerah. Jadi anggaran dua persen tersebut, Pemkab  Kutim sebar untuk di setiap OPD, supaya memberikan ke masyarakat dalam bentuk bantuan.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu nelayan-nelayan kita dan meringankan aktivitas mereka, sisa persoalan BBM-nya saja lagi. Tetap jaga keselamatan dalam bekerja,” ujar Kasmidi di hadapan Camat Sangatta Utara Hasdiah, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah, Ketua KTNA Kutim Suherman sebagai perwakilan kelompok nelayan dari 7 kecamatan, jajaran DKP Kutim dan undangan lainnya.

Sebelumnya, Kepala DKP Kutim Suriansyah melaporkan ini merupakan bantuan pelindungan sosial (perlinsos). Bantuan ini terbagi di tujuh kecamatan, untuk 15 kelompok nelayan tradisional yang masih banyak yang menggunakan perahu dayung dengan alat tangkap yang sederhana.

“Bantuan ini untuk meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan program peningkatan ekonomi nelayan Kutim. Ini tidak terlepas dari tujuan meningkatkan taraf hidup nelayan perairan umum sungai di tengah tujuh wilayah kecamatan,” ujarnya.

Kemudian, ia menyampaikan 15 kelompok nelayan yang menerima bantuan adalah Kelompok Nelayan Kuda Laut dari Sangatta Utara mendapat 10 unit. Kelompok Nelayan Muara Tabuan, Bintang Laut dan Mutiara Laut dari Sangatta Selatan menerima total 34 unit. Kelompok Nelayan Sipatuo dari Bengalon menerima 11 unit. “Kelompok Nelayan Setia Kawan, Lobster, Barokah dan Mangrove Indah dari Sangkulirang menerima 40 unit. Kelompok Nelayan Kerapu Manubar, Barakuda Manubar dan Lumba-lumba Manubar dari Sandaran menerima 35 unit. Kelompok Nelayan Danau Kepa dan Titian Bungur dari Muara Bengkal mendapat 29 unit. Terakhir Kelompok Nelayan Good Serkit Mandiri asal Muara Ancalong mendapat 10 unit,”terangnya. (adv/sm4)

Artikulli paraprakWabup Minta Standar Pelayanan Penyuluh KB dan Bidan Dioptimalkan
Artikulli tjetërEmpat Desa di Kaubun Peroleh Strum PLN Selama 24 Jam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini