Beranda Kalimantan Selatan Sambut Hari Bhayangkara, Polres HST Ramai Donor Darah, Bantu Ketersediaan Stok Darah...

Sambut Hari Bhayangkara, Polres HST Ramai Donor Darah, Bantu Ketersediaan Stok Darah di RSHD

13017
0

BARABAI – Kapolres Hulu Sungai Tengah (HST), AKBP Sigit Hariyadi dan jajarannya ramai-ramai bakti kesehatan donor darah di RSHD (Rumah Sakit Haji Damanhuri) di Kota Barabai, Selasa (6/6/2022).

Kegiatan donor darah menyambut Hari Bhayangkara ke-72 tahun ini juga diikuti ibu-ibu Bhayangkari HST pimpinan Ny Mega Sigit Hariyadi. Tujuannya membantu pengadaan atau ketersediaan stok darah di RSHD milik Pemkab HST itu.

“Donor darah ini sebagai bentuk karya nyata Polres HST, untuk membantu ketersediaan stok darah di RSHD. Donor ini juga sangat bagus bagi kesehatan pendonor sendiri,” ungkap Kapolres Sigit Hariyadi melalui Kasi Humas, AKP Soebagijo

Soebagijo menyebut, Pak Kapolres Sigit dan ibu Ketua Bhayangkari Ny Mega Sigit mendapat kesempatan pertama donor. Disusul Wakapolres Kompol H Fahmi Ansori, para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek, pengurus/anggota Bhayangkari, dan personel gabungan Polres — Polsek.

Satu per satu mereka melakukan donor di Ruang UTD (Unit Transfusi Darah) RSHD. Pendonoran ditangani petugas dari Paurkes Polres HST Aipda Hariyanto dan Baurkesnya dibantu petugas medis dari RSHD Barabai sendiri.

Soebagijo menjelaskan, jumlah peserta yang awalnya siap donor 78 orang. Tapi, yang lulus skrining dan boleh mendonorkan darahnya hanya 62 orang.

Kenapa? “Peserta yang tidak lulus skrining antara lain disebabkan kadar HB calon pendonor rendah, hipertensi, dan belum sampai masanya untuk donor kembali,” ujarnya.

Prosesinya sendiri diawali mengisi formulir identitas diri. Lalu wawancara seputar riwayat kesehatan dan penyakit calon pendonor. Terus pemeriksaan dan pengukuran tekanan darah, kadar hemoglobin, suhu tubuh, dan nadi sang calon oleh petugas medis.

Petugas medis pun langsung beraksi. Memainkan jarum suntik steril ke peserta donor di bagian kulit dekat siku dan didiamkan selama lebih kurang 8 — 10 menit hingga selesai.

Walau begitu, para pendonor tak boleh langsung pulang. Mereka diberi waktu memulihkan stamina sambil menikmati makanan dan minuman guna mengembalikan tenaga setelah kehilangan banyak cairan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini bisa membantu saudara kita yang butuh pertolongan darah di RSHD dan RS lainnya,” ucap Kasi Humas Polres HST seraya menimpali bakti sosial seperti ini rutin digelar setiap menyambut Hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli nanti. (smn10).

Artikulli paraprakSatu Lagi, Pemuda Yalo Diringkus Polisi HST, Barang Bukti Dua Paket Sabu dan Sepeda Motor Butut
Artikulli tjetërBupati Berharap FPK Bisa Hadir di Tengah Masyarakat