Beranda Kutai Timur Bupati Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah  kepada Tujuh Poktan Tiga Kecamatan

Bupati Serahkan Bantuan Bibit Bawang Merah  kepada Tujuh Poktan Tiga Kecamatan

25
0

Satumejanews.id. SANGATTA – Tujuh kelompok tani (Poktan) di  tiga kecamatan, yakni Rantau Pulung, Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, memperoleh bantuan bibit bawang merah Pemkab Kutim melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan. Bantuan itu diserahkan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Minggu (5/11/2023).

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Kutim itu juga melakukan penanaman bawang merah di lahan milik kelompok tani (Poktan) Adem Ayem, Kelurahan Singa Geweh Kecamatan Sangatta Selatan. Diharapkan, bantuan bibit bawang merah itu bisa terus berkembang di daerah ini.

Hadir pada acara itu, antara lain, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kutim Dyah Ratna Ningrum beserta jajaranya, Sekretaris Katahanan Pangan Bennie Hermawan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), para petani  serta undangan lainya.

 Bupati Ardiansyah Sulaiman pada kesempatan itu mengatakan, Kutim bukan lagi menjadi wilayah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kutim stasusnya dinaikkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menjadi superhub ekonomi atau penopang ekonomi IKN yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

“Kutim akan menopang dari berbagai sektor, diantaranya, perikanan, peternakan, perkebunan termasuk pariwisata, dan yang salah satu bidang yang saat ini kita terus kembangkan dan tingkatkan yakni sektor pertanian,” ujarnya.

Sebagai daerah yang memiliki wilayah yang cukup luas, dirinya berharap potensi pertanian dalam arti luas bisa terus dikembangkan oleh DTPHP. Baik tanaman pangan maupun holtikultura yang didukung dengan peralatan pertanian yang modern dan metode penanaman yang memanfaatkan tekhnologi terkini. Apabila hal tersebut bisa dioptimalkan, bisa dipastikan sektor pertanian akan menjadi penopang utama ekonomi masyarakat.

“Jangan kita hitung sekarang, namun 10 hingga 15 tahun mendatang. Taglaine Kutai Timur Magic Land (daerah ajaib) yang sering saya sampaikan akan menjadi satu keniscayaan. Karena memang wilayah kita ini memiliki potensi yang cukup luar biasa. Termasuk pertanian, yang bisa memberikan hidup untuk warganya yang datang ke Kutai Timur,” ungkap orang nomor satu di Kutim ini.

Sementara itu, Kepala DTPHP Kutim Dyah Ratnaningrum mengatakan, sebanyak 10 ton bibit bawang merah varietas biru lancur dan bima brebes diberikan kepada 7 Poktan yang ada di tiga Kecamatan masing-masing Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Rantau Pulung yang bersumber dari APBD dan APBN. (adv)

Artikulli paraprakDPRD Kaltim Dorong Percepatan Akreditasi RS dan Puskesmas
Artikulli tjetërBupati : Jembatan Sepaso Sangat Dibutuhkan Warga, Bisa Buka Akses Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini