Beranda Keagamaan Masyarakat Diajak Hadiri Haul Akbar Tunggang Parangan, Malam Ini di Kutai Lama

Masyarakat Diajak Hadiri Haul Akbar Tunggang Parangan, Malam Ini di Kutai Lama

2031
0

Satumejanews.id. KUTAI  KARTANEGARA – Masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kalimantan Timur (Kaltim) umumya, diajak menghadiri haul akbar Tuan Tunggang Parangan, yang digelar Rabu malam ini (4/10/2023) di Kompleks Makam Tuan Habib Tunggang Parangan Kutai Lama/Kecamatan Anggana.

“Kami mengajak kepada masyarakat untuk bisa hadir acara haul Akbar Tuan Habib Tunggang Parangan, malam ini. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai syiar agama Islam,” kata Ketua Panitia Pelaksana Syahriyatul Afwani.

Dikatakan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya meneruskan Habib Tunggang Parangan dalam menyebarkan dakwah agama Islam. Acara malam ini dikemas pengajian yang relevan dengan realitas kehidupan masyarakat, mengingatkan keimanan dan ketaqwaan kepada masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Camat Anggana Rendra Abadi. Dia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa hadir acara haul Akbar yang dilaksnakan malam ini di wilayahnya. “Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengenalkan wilayah Anggana sebagai daerah wisata di Kutai Kartanegara (Kukar). Terutama wisata religi, lantaran menjadi salah satu daerah peninggalan sejatah kerjaan Kutai,” ujar Rendra.

Dikatakan, malam ini diharapkan masyarakat bisa hadir dalam haul Akbar tersebut, guna mengenang almarhum Tuan Habib Tunggang Parangan. Menurur rencana, dari Pemkab Kutai Kartanegara juga akan hadir yang diwakili staf Ahli Bidang Umum.

“Kegiatan ini juga ingin memperkenalkan Desa Kutai Lama sebagai objek wisata religi di Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” tambah Kades Kutai Lama Mulidin.

Kegiatan yang diberi nama “Haul Akbar Tuan Habib Tunggang Parangan Kutailama” mengusung tema “Maknai Jejak Sejarah Syiar Islam di Kalimantan Timur untuk Mewujudkan Generasi Islami yang Berkepribadian Aktif, Kreatif, Kompetitif, dan Agamis.” Dalam acara ini akan ada pembacaan maulid, pembacaan manaqib Tuan Habib Tunggang Parangan, tahlil, dan ceramah agama.

Menurutnya, dalam salah satu versi sejarah, Tunggang Parangan yang bergelar Si Janggut Merah bersama Datuk Ribandang adalah tokoh penyebar agama Islam pertama di Kerajaan Kutai pada masa pemerintahan Raja Aji Mahkota (1525 – 1589). Setelah Sultan Aji Mahkota, pemerintahan Kerajaan Kutai oleh Sultan Aji Dilanggar yang memerintah dari tahun 1589 hingga 1605.

Dalam dakwah Tuan Tunggang Parangan bersama Sultan Aji Dilanggar atau Aji Gendung gelar Meruhum Aji Mandaraya, penyebaran Islam semakin pesat hingga rakyat Kutai memeluk agama Islam. Selanjutnya cucu Raja Mahkota yakni Aji Ki Jipati Jayaperana gelar Pangeran Sinum Panji Mendapa menyebarluaskan ajaran pengaruh Islam dan menaklukkan kerajaan Hindu Martapura.

Haul Tuan Habib Tunggang Parangan merupakan agenda tahunan yang digelar di Kutai Lama/Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Wilayah ini berdekatan dengan Ibukota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda. (adv)

Artikulli paraprak“Seduh, Berbagi, Bercerita”, Cengkrama Peringati Hari Kopi se-Dunia
Artikulli tjetërSaat Rakornas, Kukar Raih Dua Penghargaan P2DD Tahun 2023

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini