Beranda Kominfo Kutai Kartanegara Desa dan Kecamatan Harus Berkolaborasi dan Bersinergi Sambut IKN

Desa dan Kecamatan Harus Berkolaborasi dan Bersinergi Sambut IKN

1223
0

Satumejanews.id. KUTAI KARTANEGARA – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang menjadi salah satu daerah peyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) harus terus berbenah dan menyambutnya dengan baik. Termasuk di kecamatan maupun desa.

“Para Kepala Desa (Kades) hendaknya mempersiapkan diri untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam menyambut perpindahan IKN ke Kaltim. Kita sebagai daerah penyangga patut bangga, namun harus tetap mempersiapkan kualitas SDM ke depan menghadapi persaingan yang kompetititf,” ujar Camat Loa Kulu, Kukar Adiansyah.

Agara SDM dan pembangunan i desa-desa tidak tertinggal jauh dalam menyambut IKN, diperlukan kolaborasi antar desa se-Kecamatan Loa Kulu. Demikian juga desa-desa lainnya hendaknya juga mempersiapan diri yang sama, agar tidak tertinggal jauh nantinya.

Terlebih tambah Ardiansyah, jabatan Kades yang diperpanjang selama dua tahun, hendaknya dimanfaatkan semaksimal dan sebaik mungkin kesempatan tersebut. Para kades sudah sewajarnya berterima kasih atas perpanjangan jabatan, setelah UU Desa disyahkan para wakil rakyat di lembaga legislatif.

“Dengan diperpanjang jabatan itu, merupakan kesempatan bagi Kades untuk memperiapkan SDM yang unggul di desanya masing-masing. Bukan itu saja, kolabrasi antar desa juga harus ditingkatkan, agar tingkat kesejahteraan masyarakat juga meningkat,” kata Ardiansyah.

Apalagi ujar Camat tersebut, anggaran desa cukup besar dalam pembangunan infrastruktur, yang merupakan alokasi dari Pemkab Kukar. Sudah seharusnya program pembangunan infrastruktur di desa diperhatikan dengan baik.

Bahkan tambahnya di wilayah Loa Kulu anggaran untuk pembangunan desa termasuk yang cukup besar. “Ini patut kita syukuri, karena alokasi anggaran pembangunan untuk wilayah Loa Kulu cukup mengembirakan di tahun 2024 ini. Kades hendaknya bisa memanfaatkan dengan baik,” ujar Ardiansyah.

Melalui kolaborasi yang baik, hendaknya para Kades mampu memanfaatkan peluang perpanjangan masa jabatan dua tahun tersebut. Program-program pembangunan yang menyentuh kepada masyarakat hendaknya menjadi prioritas, agar bisa dirasakan masyarakat secara langsung.

“Kita ingin, antar Kades dan pemerintahan Kecamatan bersinergi dan berkolaborasi dengan baik. Sehingga pelaksanaan pembangunan dalam menghadapi perpindahan IKN berjalan sesuai dengan harapan  kita bersama,” kata Ardiansyah. (adv/diskominfo)

Artikulli paraprakPra Powarnas, Atlet Kaltim Raih Kemenangan Gemilang dalam Uji Tanding Melawan Kalsel
Artikulli tjetërDukungan Isran di Unmul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini