Beranda Kalimantan Timur 1.300 Taruna Akhir Ikuti Latsitardanus XLIV/2024 di Kaltim

1.300 Taruna Akhir Ikuti Latsitardanus XLIV/2024 di Kaltim

1215
0

Satumejanews.id. BALIKPAPAN – Taruna Akademi TNI, Akpol, Praja IPDN, Kadet Unhan yang berjumlah sekitar 1.300, akan mengikuti Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV/2024 di Kaltim. Mereka datang ke Kaltim menggunakan KRI Massar-550 dan mendarat di Pelabuhan Semayang, Balikapapan, Jumat (3/5/2024).

Kedatatangan taruna akemi tersebut disambut Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. “Selamat datang kepada segenap kontingen Latsitardanus di Benua Etam. Ini momentum yang baik bagi Kaltim dan akan membawa perubahan positif. Ini simbol kebersamaan untuk kemajuan bangsa,” kata Akmal Malik saat memberi arahan di depan sekitar 1.300 taruna akhir yang akan mengikuti Latsitardanus.

Dengan KRI Banda Aceh-593 dan KRI Banjarmasin-592 membawanya hingga pelabuhan Semayang Balikpapan, para taruna dari berbagai matra, serta IPDN dan Politeknik Siber dan Sandi Negara (PSSN) selanjutnya akan melakukan latihan integrasi di empat daerah yakni Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara dan Balikpapan.

Akmal menjelaskan program ini sangat baik sebagai wadah generasi muda untuk mengasah bakat kepemimpinan. “Kami di Kaltim dengan bangga menyambut seluruh kontingen Latsitardanus. Ini adalah media penting untuk mengajarkan generasi kita untuk bersatu. Bagaimana bersinergi demi bangsa dan tanah air,” papar Akmal.

Lebih strategis lagi karena Latsitardanus kali ini dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah-daerah penyangga. “Sepuluh dua puluh tahun ke depan mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Semoga semangat IKN, keadilan bagi seluruh Indonesia bisa mereka pahami dengan baik,” jelas Akmal.

Kuncinya adalah sinergi antarmatra dan semua komponen bangsa. Momentum ini akan membuat mereka menjadi terbiasa dalam kekompakan, kerja sama dan sinergi. “Saya alumni Latsitarda tahun 1993 di Kalimantan Timur. Makanya saya menyatu dengan Pangdam dan Kapolda. Ini bentuk kolaborasi. Memang tidak bisa ujug-ujug, melalui proses,” beber Akmal Malik yang masih menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu.

Lebih jauh diuraikan Akmal, keberagaman di Kalimantan Timur sangat mempesona,  sumber daya alamnya sangat berlimpah. “Kaltim dipercaya Pak Presiden menjadi IKN, karena masyarakatnya bisa menjaga kerukunan di tengah keberagaman. Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” pesan Akmal.

Seraya bercanda Akmal pun mengisahkan pengalamannya saat Latsitarda lebih 20 tahun lalu di Loa Kulu, Kutai Kartanegara. “Makanya hati-hati kalau sudah ke sini. Sebab sekali minum air Mahakam, kita akan kembali lagi ke sini,” canda Akmal.

“Kalimantan Timur adalah provinsi hebat. Semoga kalian semua juga bisa menjadi orang-orang hebat di masa depan,” tutup Akmal yang baru pekan lalu menerima gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Hadir dalam upacara penyambutan itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen  Pol Nanang Avianto dan Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud.(*/sm8)

Artikulli paraprakGelar JMS di SMKN 4 Samarinda, Kejati Kaltim Beri Pemahaman Hukum kepada Pelajar
Artikulli tjetërDishub Kutim Gelar Razia Kendaraan Angkutan Barang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini