Beranda Kalimantan Selatan Sekitar 3.000 Jamaah Hadiri Maulid Rasul di Majelis Guru Andang

Sekitar 3.000 Jamaah Hadiri Maulid Rasul di Majelis Guru Andang

273
0

Satumejanews.id. BARABAI — Hajatan Maulid Rasul di majelis pengajian KH Murjani Nurani atau Guru Andang di Desa Andang, Haruyan, HST,  Jumat (21/10/2022), terbilang sukses. Bukan pelaksanaannya saja,  tapi sukses menghadirkan ribuan jamaah dari berbagai daerah.

Kehadiran sekitar 3.000 jamaah dari berbagai pelosok desa, kampung dan kota di Pehuluan Kalsel, cukup melegakan.Terlebih Bupati HST, H Aulia Oktafiandi dan Wakil Bupati, H Mansyah Sabri pun hadir mengikuti prosesi acara untuk memuliakan dan mengagungkan Maulid Nabi Muhammad SAW ini.

Wabup HST, H Mansyah Sabri dan Guru Andang (kanan)

“Alhamdulilah, peringatan Maulid di sini sukses dan menggembirakan. Maulid di Desa Andang ini seperti menggambarkan satu Kecamatan Haruyan  keseluruhan,”  ucap Bupati Aulia seusai acara dan santap jamuan makan bersama Habib Abdul Qodir bin Ghazi Al Bahar (Jakarta) dan para Habaib lainnya.

Bupati Aulia pun mengapresiasi “Khadim” MT Sabilal Muhtadin, KH Murjani dan relawannya yang cukup sukses menggelar Maulid. Karena  itu, Pemkab HST sendiri akan terus mendorong kegiatan keagamaan seperti peringatan Maulid ini yang sudah mulai menjadi model tradisi masyarakat HST pada setiap bulan Rabiul Awal.

Jamaah pria yang antusias mengikuti tausiah Habib

“Luar biasa jamaah yang datang. Ini menggambarkan masyarakat kita di HST sangat relegius. Sebab, setelah Maulid di sini masih ada MT lainnya yang akan melaksanakan Maulid,” timpal  Wabup HST Mansyah Sabri kepada awak media ini.

Mansyah Sabri pun menghendaki peringatan Maulid Rasul seperti ini terus dikembangkan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang. Sehingga kecintaan masyarakat HST akan ajaran Nabi Muhammad SAW  benar-benar tertanam di sanubari warga untuk kehidupan sehari hari di dunia dan akhirat kelak.

Peringatan Maulid Rasul di MT binaan Guru Andang ini  cukup semarak. Ribuan jamaah pria dan wanita berbondong-bondong datang dari berbagai penjuru kampung, desa dan kota di seantero Kalimantan Selatan.

Habib Abdul Qadir bin Ghazi Al Bahar saat Tausiah
Habib Abdul Qadir bin Ghazi Al Bahar (kiri) menyantap jamuan makan bersama Bupati HST, H Aulia Oktafiandi (kedua dari kanan)

Membludaknya jamaah membuat kawasan Desa Andang  penuh sesak dengan jejalan manusia dan kendaraan  roda dua dan empat. Tak heran dua barak yang disiapkan Panpel tak mampu menampung jamaah yang meluber ke pelataran dan halaman rumah rumah warga.

Namun, semua jamaah tetap bisa mengikuti prosesi acara dari awal hingga akhir. Sebab, di sejumlah pelataran rumah disiapkan layar lebar untuk tayangan langsung acara dan Tausiah seputar kelahiran Nabi Muhammad yang dipaparkan Habib Abdul Qadir bin Ghazi Al Bahar dari Jakarta itu. (sm10)

Artikulli paraprakPenyidik Polres Batu Serahkan Tiga Perkara ke Kejari
Artikulli tjetërMeski Hujan, Ratusan Santri Samarinda Ikuti Upacara Bendera

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini