Beranda Kalimantan Selatan PS. Tapin Pastikan Tiket Final, Bakal Bentrok Kontra Talenta di Laga Pamungkas...

PS. Tapin Pastikan Tiket Final, Bakal Bentrok Kontra Talenta di Laga Pamungkas Liga 3 Kalsel

2987
0

Satumejanews.id BINUANG – PS Kabupaten Tapin membuat debut meyakinkan lagi. Tapin memastikan tiket ke final Liga 3 Zona Kalsel 2023/2024, sehabis memupus Persetala Tanah Laut, 2-0 (1-0), pada semifinal leg kedua di Stadion Balipat, Binuang – Tapin, Jumat (29/12/2023).

Hasil ini membuat tim asuhan duet Herman Pulalo dan Mansyur (dua mantan squad PKT Galatama, Bontang, Red) itu unggul 2-0 secara keseluruhan. Sebelumnya, pada semifinal leg pertama, PS Tapin dan Persetala bermain 0-0, di Stadion Pertasi Kencana, Pelaihari

Di final atau laga pamungkas Ahad nanti, 31 Desember 2023, PS Tapin bakal bentrok kontra PS.Talenta Banua, Martapura. Itu lantaran anak anak PS Talenta bangkit dan balik memukul Kotabaru FC, 3-1 (1-0), pada hari yang sama di Stadion Demang Lehman, Martapura.

Kotabaru FC sendiri sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk lolos dan bicara di final. Sebab, pada semifinal leg pertama, tim Kotabaru FC memecundangi Talenta, 1-0 di Stadion Bamega, Kotabaru.

Sayangnya, pada leg kedua di Demang Lehman, Martapura, Kotabaru FC yang runner-up grup D itu harus kebobolan 1-3, atau lebih dari satu gol. Sontak saja Talenta yang juara grup C itu lolos ke final dengan total skor 3-2.

Dikutip awak media ini dari rilis Asprov PSSI Kalsel, Jumat (29/12/2023) malam, kickoff di depan sekitar 500 penonton, Talenta yang pakai jersey merah merah merah unggul dua gol duluan di babak pertama.

Gol pertama dibuka Ade Wahyudi ke gawang Kotabaru FC, Rizki Kurniawan pada menit ke 26. Lantas menit ke 44, giliran Agus Setia Wibowo yang menari nari seusai melesakkan bola ke jala Rizki Kurniawan.

Tak cuma itu. Selepas turun minum, kubu Talenta kembali bersuka. Kali ini, Arman sukses mengeksekusi bola dari titik penalti menit ke 57, menyusul adanya pelanggaran pemain Kotabaru di area terlarang.

Kotabaru terus tertekan hampir sepanjang laga. Beruntung, ada Yanuar Baehaki yang membuat gol hiburan pada injuri time, 3-1. Wasit Agung Hendro Adi (Tapin) mengganjar Arpan (Talenta), Suriady dan Azis (Kotabaru FC) dengan kartu kuning (KK).

Laga di Stadion Balipat, Binuang, Kabupaten Tapin, lain lagi. Di sini, PS Tapin yang dikoordinir Danu Warta — anak boss batu bara Haji Ciut — itu sebagai kapten tim mampu mendikte permainan Persetala, Tanah Laut.

Betapa tidak, tekanan Danu Warta dkk yang memakai kostum hijau hijau membuahkan gol ke gawang Persetala menit ke 18. Gol pertama ini dibuka striker Aditia ke gawang M Sibawaihi melalui titik penalti menyusul pelanggaran di kotak terlarang.

Kecolongan gol itu tak membuat Persetala patah semangat. Sandy Tyas dkk juga menekan PS Tapin. Namun, lima menit jelang usai, pemain pengganti Zulkifly Yahya mampu menggetarkan jala Sibawaihi, 2-0. Wasit Wahyudin Noor (Kabupaten Banjar) mengganjar Beny Ashar (Tapin) dengan KK.

Keunggulan dua gol tak berbalas itu disambut sukacita sekitar 500 pendukung tuan rumah. Sebab, PS Tapin tak hanya lolos ke final, tapi menjadi satu satunya tim yang konsisten dan tak terkalahkan pada babak enam besar hingga tembus ke final ini.

Bagaimana Persetala? Tim asuhan Edi Purwanto sepertinya tidak harus meratapi kekalahan. Pasalnya, Persetala yang juara Liga 3 Kalsel 2022/2023 itu tetap akan menjadi salah satu wakil Kalsel ke putaran nasional Liga 3 tahun 2023/2024, selain PS Tapin atau PS Talenta Banua yang bakal berseteru berat nanti. (smn10)

Artikulli paraprakAtasi Kelangkaan, Kuota BBM di Kutim Ditambah Dua Kali Lipat
Artikulli tjetërSharing dengan Wartawan, BPK Kaltim Gelar Media Workshop

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini