Beranda Kalimantan Selatan Kebakaran Besar di Balangan Hanguskan 9 Rumah Warga dan Dua Ruang Kelas...

Kebakaran Besar di Balangan Hanguskan 9 Rumah Warga dan Dua Ruang Kelas SMA Paringin

28905
0

PARINGIN, Satumejanews.id – Musibah kebakaran besar menggegerkan warga ibukota Kabupaten Balangan di Paringin, Kalimantan Selatan, Selasa (8/3/202) petang. Menghanguskan 9 buah rumah warga dan dua ruang kelas SMA di Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan.

“Ada 6 rumah yang terbakar 100 persen, tiga rumah terbakar 30 persen, dan dua ruangan kelas SMA Paringin juga terbakar sekitar 50 persen,” ungkap Plt. Kepala BPBD Balangan, Haji Rahmi kepada awak media ini, Rabu, 9 Maret 2022.

Berbicara sambil mengutip laporan TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Balangan, Rahmi menyebut tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Sedang penyebab kebarakarannya masih dalam penyelidikan pihak Polres Balangan.

Musibah kebakaran itu terjadi sekitar jam 17.48 WITA. Api berkobar dan cepat membesar di kawasan permukiman penduduk yang sebagian bangunannya semi permanen atau perabotan bagian atasnya terdiri dari kayu.

Warga pun geger. Bahu membahu menyelamatkan harta bendanya sambil menjinakkan kobaran api yang membubung ke angkasa seiring berhembusnya angin menjelang kumandang adzan Maghrib itu.

Beruntung, sigapnya petugas TRC BPBD dan datangnya bantuan belasan mobil BPK (Barisan Pemadaman Kebakaran) dari berbagai daerah seperti dari Tabalong, Lampihong, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Hulu Sungai Utara (HSU), kobaran api berhasil dilokalisir dan dikuasai total sekitar pukul 18.50 WITA.

Menurut Rahmi, enam rumah warga di RT.04, Batu Piring, Paringin, yang terbakar habis 100 persen dihuni 5 KK (16 jiwa), dan tiga rumah yang terbakar 30 persen 3 KK (10 jiwa), sehingga totalnya 8 KK atau 26 jiwa. (smn10)

Artikulli paraprakBanjir Kota Barabai Aman, Warga Pahalatan Sudah 4 Bulan Terendam
Artikulli tjetërWarga HSS Sepakat Rehab Bangunan WC Mushalla Baitul Akhyar Bagambir