Suasana pembekalan ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah di Ruang Akasia Gedung Serba Guna(GSG), Bukit Pelangi. Foto Wahyu

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman membuka pembekalan ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah yang bagi 472 pegawai dari tiga Kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Nasional Regional 8 Banjarmasin, yang digelar di Ruang Akasia Gedung Serba Guna (GSG), Bukit Pelangi, Sangatta, Selasa (28/6/2022).

Acara tersebut turut di hadiri Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, Sekertaris Kabupaten Rizali Hadi, Kepala BKPP Kutim Misliansyah serta Kepala Badan Kepegawaian Nasional Regional 8 Banjarmasin Darmuji yang mengikuti secara virtual (daring).

Dalam kesempatan itu, Bupati meminta agar para Aparatur Sipil Negara jangan hanya terpaku pada jenis pekerjaan yang hanya menjadi tugasnya sehari-hari, karena ASN adalah abdi negara serta abdi masyarakat.

“Sekarang ini kita di butuhkan masyarakat untuk mengelaborasi (menguraikan), mengkoordinasikan dan melakukan pembangunan yang objeknya itu masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia meminta semua potensi yang dimiliki harus ditingkatkan kompetensinya, termasuk yang di lakukan hari ini yang dilakukan oleh para ASN, yang diharapkan para abdi negara ini mampu lebih meningkatkan profesionalisme di dalam melaksanakan tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Eh ati-ati, kalau anda tidak mau meningkatkan kualitas sesuai dengan tupoksinya, suatu saat pemerintah tidak akan melihat itu,” tegasnya.

Kemudian, peningkatan kualitas kompetensi ASN juga menjadi bagian dari implementasi janji jabatan yang dilakukan oleh ASN sebagai abdi masyarakat, yang secara organisasi di fasilitasi oleh badan atau lembaga terkait, maupun peningkatan secara pribadi, karena perubahan ilmu dan tekhnologi semakin jauh berkembang.

Sebelumnya, Kepala BKPP Kutim, Misliansyah dalam laporan mengatakan, pendaftaran bagi ASN yang ingin mengikuti ujian dinas dan ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah tersebut, sudah di mulai sejak tanggal 20 Mei- 8 Juni 2022 lalu, dengan jumlah peserta sebanyak 472 orang dari 3 Kabupaten, yakni sebanyak 374 berasal dari Kutim, 54 peserta dari Kabupaten Kutai Barat serta 4 peserta dari Kabupaten Mahakam Ulu, masing-masing 140 orang mengikuti ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijasah serta sebnyak 332 orang mengikuti ujian dinas.

“hari ini pembukaan sekaligus pembekalan bagi ASN, selanjutnya akan di laksanakan ujian kopetensi berbasis CAT BKN pada tanggal 29-30, Juni serta penilaian makalah pada 1 juli, di Gedung Diklat BKPP,” pungkasnya.(smn5)

Artikulli paraprakSektor Pariwisata Perlu Penanganan Serius
Artikulli tjetërDishub Kutim Siap Amankan Keberangkatan Jamah Haji, Turunkan 30 Personel