Beranda Nasional Bridge Masuk POMNAS Telah Ditunggu Sejak 30 Tahun yang Lalu

Bridge Masuk POMNAS Telah Ditunggu Sejak 30 Tahun yang Lalu

604
0

Oleh : Bert Toar Polii

Tahun ini  olahraga bridge di kalangan mahasiswa telah diakomodir oleh PP BAPOMI atau Pengurus Pusat Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia untuk dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan pada 8-19 Nopember 2023.

Dalam POMNAS tahun ini POMNAS 2023  akan dipertandingkan 16 cabang olahraga, yaitu : atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket, dan bola voli pasir.

Inilah mimpi seorang H. Amran Zamzami yang baru terwujud tahun ini. Alm. H. Amran Zmzami adalah seorang Ketua Umum PB Gabsi yang mengawali program Bridge Masuk Kampus pada tahun 1993 atau 30 tahun yang lalu.

Pada tahun 1993, H Amran Zamzami memutuskan untuk menggelar Kejuaraan Bridge Antar Perguruan Tinggi untuk pertama kalinya.

Ini merupakan langkah yang berani, karena dikuatirkan animo akan sedikit, sedangkan biaya yang dikeluarkan cukup besar. Namun Alm. H Amran Zamzami tetap ngotot dan kenyataannya sungguh menggembirakan.

Ketika Kejurnas tersebut digelar pada tanggal 8 hingga 15 Agustus 1993, diikuti 32 tim mewakili 22 Universitas/ Perguruan Tinggi, yang berasal dari 16 propinsi. Mendikbud waktu itu Dr.Ing. Wardiman Djojonegoro secara resmi membuka Kejurnas tersebut dan memberikan Piala Bergilir untuk nomor beregu.

Piala bergilir untuk nomor pasangan diberikan oleh Menpora yang waktu itu dijabat oleh Hayono Isman.

Sampai saat ini Kejurnas Antar Perguruan Tinggi telah digelar 16 kali. Terakhir digelar oleh Pengprov GABSI DKI pada tahun 2019 di Jakarta. Event ini akan digelar pada tanggal 11-14 Nopember 2019 bertempat di Gedung Balai Prajurit Marinir, Cilandak Jakarta.

Sayang kemudian karena pandemic covid 19 belum digelar lagi secara face to face sampai saat ini.

Sebenarnya Indonesia juga telah mempelopori untuk diadakan Kejuaraan Antar Perguruan Tinggi se Asia. Bekerja sama dengan Asia University Sport Council telah digelar 1st Asian University Bridge Championship yang diselenggarakan pada tanggal 24-30 Nopember 2009 di Sanur Paradise Plaza hotel merupakan inisiatif Indonesia.

Event ini diikuti China, Singapura, Thailand, Taipei dan Indonesia.

Bersyukur kembali ada kabar gembira tentang perkembangan olahraga bridge di kalangan mahasiswa di Asean.

Asean University Sport Council  telah memutuskan olahraga bridge akan dipertandingkan  pada ASEAN University Games (AUG) 2024 yang akan diselenggarakan di Surabaya dan Malang.

Menurut kabar terakhir ITS akan menjadi tuan rumah untuk cabor bridge.

AUG 2024 rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli ketika libur semester mahasiswa. AUG 2024 akan digelar di 9 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terdiri dari 5 universitas di Surabaya dan 4 universitas di Malang. Universitas yang siap menjadi tuan rumah AUG 2024 antara lain Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Universitas Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Islam Malang. Adapun rencana 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan meliputi Athletic, Tennis, Petanque, Basket 5×5, Basket 3×3, Hand Ball, Futsal, Wushu, Karate, Judo, Taekwondo, Chess, Bridge, Archery, Voli Pasir, Voli Indoor, Badminton, Pencak Silat. ***

Artikulli paraprakTiga Jamaah Haji Hilang di Makkah, Satu Meninggal, Dua Masih Belum Ditemukan
Artikulli tjetërLaga Kemboja Cup 2023, Tunas Muda “Memakau” Haliau,  BAS Biru Lindas Ambarsasi Empat  Gol

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini