Beranda Keagamaan Warga Prasejahtera Lingkugan Masjid Diminta Didata, Bupati Edi Damansyah : Pemkab Wajib...

Warga Prasejahtera Lingkugan Masjid Diminta Didata, Bupati Edi Damansyah : Pemkab Wajib Bantu

2235
0

Satumejanews.id. KUTAI  KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta kepada pengurus masjid untuk melakukan pendataan warga yang tinggal dilingkungan masjid. Mulai depan masjid, kiri/kanan dan belakang sekitar 40 org, terutama yang tergolong keluarga prasejahtera.

“Data ini penting dimiliki. Pemkab Kukar merasa berkewajiban untuk membantu mereka yang berada lingkungan masjid dan dalam kategori keluarga pra sejahtera. Tolong datanya dilaporkan ke kami. Pemerintah wajib memberikan bantuan,” ujar Edi Damansyah, ketika melakukan safari sholat subuh di masjid Al-Ikhlas, Jalan Panjaitan, Loa Ipuh, Tenggarong, Kukar, Minggu (8/10/2023).

Edi meminta kepada Ketua RT dan Kelurahan untuk melakukan validasi data warga lingkungan masjid tersebut. Jika memang ada data warga yang benar-benar pra sejahtera sebanyak 40 orang, Pemkab akan memberikan bantuan.

Safari subuh Pemkab Kukar ini sudah dilakukan beberap kali. Di Masjid Al-Ikhlas ini merupakan yang ke-225. Pada kesempatan itu, Bupati Edi Damansyah menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp 150 juta untuk masjid Al-Ikhlas dan sertifikat Yayasan.

Bantuan itu diterima Ketua Takmir Masjid H Awang Sakti untuk dana hibah. Sedangkan sertifikat diterima Ketua Masjid Al Musafirin Mukhlis dan Sekretaris Masjid Baiturrahim Muhammad Taufik. Prosesi penyerahan itu juga disaksikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab Kukar) Sunggono, abag Kesra Dendi Irwan Fahriza serta para jamaah salat Subuh.

Rangkaian safari Subuh Pemkab Kukar itu, diawali salat Subuh berjamaah diimami Muhammad Sarli (Tahfidz) angkatan ke-3 program 1 Desa 1 Tahfidz (Pemkab Kukar). Kegiatan itu ditutup tausyiah yang disampaikan Ketua MUI Kukar Kiyai Abdul Hanan.

Terkait musim kemarau saat ini, Bupati Edi Damnsyah meminta kepada warga Tenggarong dan sekitarnya untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran. Sebab, musibah kebakaran bisa terjadi kapan saja, baik akibat kompor gas, hubungan arus pendek serta faktor alam dan sebagainya.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kukar, sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, agar memeriksa rumahnya, apakah kompor dan hubungan arus pendek sudah aman atau belum,” ujar Edi.

Sedangkan Awang Sakti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan rombongan tim safari Subuh Pemkab Kukar, yang telah melakukan salat berjamaah, sekaligus menyerahkan bantuan di masjid Al Ikhlas.

Menurutnya, sebelum kegiatan safari subuh ini, Pak Bupati Edi sebelumnya sudah lima kali melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid ini. “Bahkan beliau hanya ditenani seorang ajudan saja,” ujar Awang Sakti.

“Alhamdulillah, setelah salat Subuh beliau memberikan bantuan baik berupa dana maupun material (barang) untuk masjid kami,” tambahnya dengan nada gembira.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopim Kecamatan Tenggarong, Lurah, kepala OPD, Bagian, Instansi, Kantor, Lembaga, para ketua RT, tokoh agama/masyarakat. (adv)

Artikulli paraprakProgram Kukar Idaman Hadir di Masyarakat, Bupati Edi Damansyah Serahkan Bantuan di Sebulu
Artikulli tjetërPemkab Kukar Jalin Kerjasama dengan TNI dan Polri, Edi : Persiapkan Generasi Muda Masuk Seleksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini