Beranda Keagamaan Tahun 2025 Kutim Tuan Rumah MTQ, Bupati : Targetkan Peringkat Naik

Tahun 2025 Kutim Tuan Rumah MTQ, Bupati : Targetkan Peringkat Naik

1222
0

Satumejanews.id. SANGATTA – Lembaga Tilawatil Quran (LPT) Provinsi Kaltim telah memutuskan, bahwa tahun 2025 mendatang, Kutai Timur (Kutim) menjadi tuan rumah. Untuk itu, ditargetkan peringkatnya akan naik dibanding sebelumnya.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman ketika membuka Training of Trainer (ToT) bagi calon pelatih MTQ, di Hotel Q, Sangatta, Kutim, Senin (13/11/2023).

Guna persiapan menaikkan peringkat tersebut, LPTQ Kutim menggelar Training Of Trainer (ToT) untuk calon pelatih MTQ. Kegiatan ini diikuti perwakilan kecamatan se-Kutim.

Dikatakan, tahun 2024 nanti, IKN menjadi tuan rumah MTQ Nasional, maka Kaltim tak menggelar MTQ provinsi di 2024. Untuk itu, persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari.

“Di sinilah kesempatan kita, mengundang para narasumber yang sudah melatih banyak pelatih di daerah. Untuk menciptakan pelatih MTQ dari Kutim menatap MTQ di 2025 nanti,” ucapnya.

Ardiansyah berharap dengan adanya ToT yang digelar LPTQ ini, Kutim di 2025 bisa tampil percaya diri sebagai tuan rumah. Dengan konsep sukses pelaksanaan dan suskes prestasi.

“Itu yang kita harapkan dan para peserta bisa memaksimalkan ilmu yang diberikan oleh narasumber atau pelatih nasional,” ujarnya.

Dia menargetkan peringkat Kutim di MTQ provinsi nanti bisa lebih meningkatkan dari perolehan tahun sebelumnya. Bukan hanya mencapai tiga besar tetapi kalau bisa juara umum.

Sebelumnya, Ketua panitia ToT Sirajuddin mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pelatih, bukan hanya kualitas peserta. Karena hebatnya peserta diciptakan dari pelatih-pelatih yang handal.

“Mudah-mudahan dengan narasumber yang terbaik, Kutim bisa menciptakan pelatih yang terbaik juga,” katanya.

Peserta kegiatan ini dari semua kecamatan se Kutim. Tiap kecamatan mengirimkan 3 sampai 5 orang untuk ikut pelatihan ini. Pelatihan pun digelar selama tiga hari, mulai Minggu (12/11/2023) sampai Rabu (15/11/2023) di Q Hotel Sangatta.

“Calon pelatih bakal dikelompokkan sesuai cabangnya seperti cabang Tilawah, Qiraat, Syahril, Fahmi Quran, Khattil Quran, Tafsir, Tahfiz Quran, Hadist dan MKTIQ,” tutupnya. Tampak hadir dalam pembuka, Kabag Kesra Setkab Kutim Sahman, Kasi Bimas Islam Kemenag Kutim Syarifuddin dan puluhan peserta dari perwakilan kecamatan se Kutim. (adv)

Artikulli paraprakArfan Suport Peningkatan SDM Mekanik Alat Berat
Artikulli tjetërTutup Bola Basket Competition All Brather, Bupati Bakal Gelar Piala Bupati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini