Beranda DPRD Kaltim DPRD Kaltim Minta Pemprov Kaltim Kembangkan Industri Hilir

DPRD Kaltim Minta Pemprov Kaltim Kembangkan Industri Hilir

1323
0

Satumejanews.id. SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Kaltim Bagus Susetyo meminta Pemprov Kaltim untuk mengembangkan industri hilir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi ketergantungan pada ekspor bahan mentah.

“Kaltim itu punya banyak sumber daya alam, seperti kelapa sawit, batu bara, gas, dan minyak bumi. Tapi, kenapa tenaga kerja kita malah ke Malaysia? Karena kita tidak mengolah bahan mentah itu menjadi produk bernilai tambah,” ucapnya, Selasa (31/10/2023).

Bagus juga mendorong Pemprov untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang mendukung industri hilir, seperti listrik, air, jalan, dan pelabuhan. Dirinya memberi contoh seperti pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Maloy dan Kariangau  yang masih terkendala dikarenakan kekurangan pasokan listrik dan air.

“Kaltim punya anggaran APBD yang besar, bahkan mencapai Rp25 triliun. Tapi, serapan programnya tidak dijalankan dengan optimal. Padahal kalau bisa dibuat pabrik pupuk, Kaltim dapat memberikan bantuan kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas mereka,” jelasnya.

Politisi Partai Gerindra tersebut juga berharap agar peningkatan pemberdayaan masyarakat lokal dalam pengelolaan sumber daya alam Kaltim, terutama sektor kelautan dan budaya.  Dan menyebut agar tak hanya menguntungkan kelompok tertentu saja dan merugikan masyarakat banyak.

“Pemerintah harus punya rasa keadilan dan kepedulian terhadap masyarakatnya. Jangan sampai ada yang merasa dirugikan atau diperlakukan tidak adil. Kita harus saling bantu dan saling manfaat,” ungkapnya.

Dia berharap Kaltim bisa menjadi provinsi yang maju dan sejahtera pada masa depan.

“Kaltim itu sebenarnya bisa mandiri pangan. Kita punya potensi yang luar biasa, tapi kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Saya yakin kalau kita bersatu dan bekerja keras, kita bisa mencapai cita-cita kita bersama,” tandasnya.(Adt/adv/DPRD Kaltim)

Artikulli paraprakDPRD Kaltim Minta Pj Gubernur Tuntaskan IUP 21
Artikulli tjetërSigit Dukung Atlet Kaltim yang Tampil di Pomnas Kalsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini