Beranda Kutai Timur Kelola Sampah Dan Energi Kota Bergaya Flawil Swiss

Kelola Sampah Dan Energi Kota Bergaya Flawil Swiss

1764
0

Tempat pembuangan sampah bioorganik. (Ist)

Syukri M Nur
Visiting Researcher di DBFZ dan Penerima Beasiswa Riset dari DAAD, Jerman


(Flawil, Swiss-05/08/2022). Pemerintah Swiss menetapkan kota Flawil sebagai kota energi. Kota berpenduduk sekitar 10.000 jiwa ini dikelilingi oleh perbukitan dan gunung. Berada di ketinggian 610 m di atas permukaan laut dan salah satu kota tujuan wisata yang indah jika berkunjung di tempat kelahiran Palang Merah Internasional ini.

Penulis bersyukur punya sahabat dan kini telah bermukim di kota Flawil, Swiss sejak 27 tahun yang lalu. Nandang Rahayu Mueller namanya. Anak kampung Volker-Tanjung Priok, Jakarta yang bersuamikan pria Swiss dan bekerja di satu pabrik mesin-mesin pengolah bahan pangan kelas dunia. Penulis haturkan ucapan terimakasih atas fasilitas akomodasi dan panduannya ke berbagai lokasi selama di Swiss.

Tulisan ini ingin mengungkapkan sisi lain kota Flawil, tentunya dari kacamata energi dan lingkungan. Pengelolaan sampah kota menjadi tema yang akan disajikan, mulai dari rumah tangga, perumahan, lalu terkumpul dari seluruh rumah tangga, restoran dan hotel se-kota Flawil berdasarkan jadwal pengambilan yang teratur.

Sampah organik di kantong bioplastik

Mulai dari Rumah Tangga
Pada umumnya di Eropa dan negara maju lainnya, pengelolaan sampah kota telah dimulai dari rumah tangga melalui pemisahan lima tipe yaitu: sampah organik, kertas, logam, plastik, berbahan kaca atau gelas. Namun di kota Flawil ini, dipilah lagi lebih rinci menjadi berbagai tipe yaitu sampah organik, kertas, karton, logam, berbahan kaca berdasarkan warna hijau, coklat dan bening. Penampungan oli bekas dan minyak jelantah juga tersedia dalam satu ruang yang tertata rapi dan bersih. Demikian juga sampah plastik seperti botol minuman atau pembungkus dapat dikumpulkan di super market tertentu kemudian pengumpulnya mendapat imbalan uang.
Pakaian atau sepatu yang tak lagi dipakai juga menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat di Eropa. Jadi jangan heran hampir setiap pojok perumahan atau apartemen disediakan kontainer penampungan pakain bekas.

Biaya pengumpulan sampah untuk setiap rumah tangga sekitar 10 CHF (Swiss Frank) atau setara Rp 150.000,- per tahun dan dibayarkan ke pemerintah daerah Flawil. Pengelolaan lanjutan melibatkan perusahaan swasta untuk mengumpulkan dan mengolahnya menjadi berbagai produk daur ulang, termasuk bahan baorganik menjadi energi dan pupuk organik. Perusahaan swasta akan datang mengumpulkan jenis sampah yang telah ditentukan berdasarkan jadwalnya. Setiap Rabu pagi, merupakan waktu pengumpulan sampah organik di lokasi tinggal penulis selama Flawil, Swiss.

Biaya pengangkutan satu kontainer sampah organik per tahun
Artikulli paraprakPHM Kunker ke DLH Provinsi Kaltim, Jalin Silaturahim dan Sinergitas
Artikulli tjetërWabup Lepas Yaphiqa FC Ikuti Liga Santri Tingkat Provinsi Kaltim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini