Beranda Kutai Timur Kapolres Kutim Peroleh Curhatan Kenakalan Remaja Warga Masabang

Kapolres Kutim Peroleh Curhatan Kenakalan Remaja Warga Masabang

1179
0

Satumejanews.id. SANGATTA – Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic terus berusaha mendekatkan institusi yang dipimpinnya bersama jajarannya kepada masyarakat. Salah satunya melalui program ‘Jumat Jurhat’ yang digelar secara rutin setiap pekan.

Seperti yang dilakukan pada Jumat (22/12/2023) pagi, Kapolres bersama jajarannya juga bertandang ke Masabang Ulu RT 05, Dusun Gunung Tekhnik, Desa Sangatta Selatan, Kecamatab Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim). Kunjungan perdana tersebut, mendapat sambutan antusias ratusan warga setempat.

Pada kesempatan itu, Kapolres memperoleh curhatan masyarakat terkait kenakalan remaja. Antara lain, penyalahgunaan obat terlarang, geng motor, balap liar dan lainnya.

Kegiatan Jumat Curhat itu juga dihadiri Kabag Ops Polres Kutim, Kasat Reskrim Polres Kutim, Kasat Lantas Polres Kutim, Kasat Samapta Polres Kutim, Kasat Binmas Polres Kutim, Kasi Propam Polres Kutim, Kasikum Polres Kutim, KBO Sat Intelkam Polres Kutim, Kapolsek Sangatta Utara, Kapolsubsektor Sangatta Selatan beserta msyarakat sekitar Masabang Ulu, khususnya RT 05.

Menurut Kapolres, agenda Jumat Curhat ini merupakan kegiatan  untuk menyerap dan menampung permasalahan yang ada di lingkungan. Tujuannya, selain meningkatkan sinergitas antara Polri dan masyarakat juga agar perubahan dan perbaikan untuk meningkatkan kondusifitas wilayah dapat dilakukan lebih optimal oleh Polres Kutim.

Pada kesempatan itu, Kapolres menghimbau masyarakat agar terus menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing, terutama menjelang Pemilu 2024. Salah satunya terus mengembangkan semangat kebersamaan dan tenggang rasa. Warga juga dihimbau untuk lebih jeli dan cerdas dan tidak mudah dipengaruhi ataupun terprovokasi berita hoax yang bertebaran di sosial media.

“Tujuan kegiatan ini agar kami dapat terus menjaga, memperbaiki dan meningkatkan kondusifitas serta melakukan penanganan segera atas permasalahan yang timbul di masyarakat. Jika ada yang bikin rusuh dan mengganggu masyarakat kita sikat mereka,” ucap Kapolres, di hadapan masyarakat.

Pihaknya juga melakukan program Pores Kutim Goes To School. Setiap bulan dia mengaku turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan motivasi kepada kalangan pelajar di daerah ini. Tujuanya, untuk memberikan edukasi bagi mileniel, guan mengurangi tingkat kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba maupun obat terlarang.

Terkait lahan eks Pos olisi yang ada di Masabang seperti yang diutarakan Ketua RT 05 Rusdi Rasyid, Kapolres mengatakan, jika dimanfaatkan untuk kepentingan umum tidak ada masalah. Terlebuh untuk kepentingan menjaga Kamtibmas, dipersilakan saja.

“Lahan itu dibangun lagi untuk dimanfaatkan menjaga kamtibmas atau FKPM untuk mediasi permasalahan yang timbul di masyarakat ditingkat RT. Sehingga, permasalahan yang muncul dapat ditangani terlebih dahulu sebelum dibawa ke jalur hukum,” ujar Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengapresiasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutim yang telah menginisiasi, mengusulkan dan mendukung kegiatan Jumat Curhat di Masabang, sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar hingga akhir.

“Terimakasih atas sinergitas PWI Kutim yang telah mendukung program Jumat Curhat kali ini. Semoga sinergitas ini dapat terus ditingkatkan ke depannya untuk kebaikan masyarakat,” imbuh Kapolres.

Usai melaksanakan program Jumat Curhat, Kapolres Kutim Ronni Bonic, didampingi Kasatreskrim Kutim, AKP Dimitri, memberikan sembako secara simbolis kepada warga.

Kasatreskrim Polres Kutim, AKP Dimitri Marhendra,  menyampaikan, saat ini selain fokus dalam penanganan tindak pidana kriminal, Satreskrim Polres Kutim juga intens menangani terkait penyalahgunaan bahan bakar minyak oleh oknum yang sering disebut pengetap. Dirinya juga dengan tegas menyebutkan bahwa Satreskrim Polres Kutim bersama dengan Satgas BBM Terpadu yang dibentuk pemerintah akan terus melakukan pengawasan dan monitoring terkait permasalahan ini.

Dimitri juga menghimbau agar masyarakat untuk terus mendukung upaya pemberantasan kejahatan yang dilakukan oleh Polres Kutim, sehingga kondusifitas wilayah dapat terus terjaga dan komitmen Polri untuk memberikan keamanan terhadap masyarakat dapat terus ditingkatkan.

“Sesuai instruksi Kapolres, Satreskrim Polres Kutim akan terus berupaya untuk menjaga keamanan masyarakat. Mohon dukungan dari seluruh masyarakat, karena keamanan dan ketertiban tersebut dapat semakin ditingkatkan dengan sinergi yang kuat dengan berbagai pihak, terutama masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, dalam kegiatan tersebut, Kades Sangatta Selatan Muhajir beserta dengan Kepala Dusun Khairuddin, Ketua BPD Alimuddin dan Ketua RT 05 Masabang Rusdi Rasyid memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Jumat Curhat yang dilaksanakan Polres Kutim. Kegitan itu menurut mereka selain dapat mempererat silaturahmi serta sinergitas, juga merupakan ajang edukasi bagi masyarakat yang butuh masukan terkait masalah hukum.

“Kegiatan ini positif dan memberikan banyak manfaat. Semoga kegiatan seperti ini ke depannya dapat terus ditingkatkan, sehingga masyarakat dapat masukan dan edukasi yang positif,” ujar Muhajir. (*)

Artikulli paraprakDK PWI: Etika dan Kompetensi Lindungi Profesi Wartawan
Artikulli tjetërJumat Curhat, Polres dan PWI Kutim Bagikan Sembako

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini