Beranda DPRD Kaltim Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, DPRD Kaltim l Dorong Ketersediaan Pangan...

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, DPRD Kaltim l Dorong Ketersediaan Pangan Kaltim

1167
0

Satumejanews..id. SAMARINDA – Menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru) 2023, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk segera melakukan pemantauan terhadap ketersediaan pangan.

“Mengingat dampak dari El Nino banyak lahan pertanian menjadi faktor utama penurunan produksi beras di Kaltim sendiri,” ucapnya, Jumat (10/11/2023).

Menurut Samsun, Pemprov Kaltim berkewajiban untuk menjamin ketersediaan khususnya beras yang merupakan bahan pangan pokok bagi masyarakat. Ia juga mendesak Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk merancang strategi yang efisien guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltim.

Politisi PDIP tersebut menekankan agar langkah-langkah antisipasi harus dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya terkait dengan perayaan-perayaan khusus seperti Lebaran atau Natal. “Keberlanjutan pasokan pangan sepanjang tahun perlu menjadi perhatian utama,” sampainya.

Meski begitu, Samsun melanjutkan Kaltim selama ini masih sering mendatangkan beras dari luar wilayah ketika stok menipis, namun Samsun mengatakan bahwa fokus utama harus selalu diberikan adalah pada produksi beras lokal.

“Dalam rangka menunjang para petani menghasilkan pangan berkualitas, maka perlu beberapa upaya, diantaranya, memberikan pendidikan dan pelatihan mengenai teknik pertanian modern, penggunaan pupuk organik, dan praktik-praktik berkelanjutan, memastikan petani memiliki akses ke teknologi pertanian terbaru, seperti sistem irigasi yang efisien, varietas unggul dan lainnya,” lanjutnya. Terakhir, ia menyampaikan dengan begitu produksi pangan lokal dapat meningkat dan kualitasnya tetap terjaga untuk keberlanjutan masyarakat Kaltim yang berdaulat ke depannya.(Adt/adv/DPRD Kaltim)

Artikulli paraprakKetua DPRD Kaltim Buka Sosialisasi dan Edukasi UMKM Kompetitif
Artikulli tjetërPeringati Hari Pahlawan, Reza Sebut Pahlawan Sosok Inspirasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini