Beranda Umum & Ekonomi Kolaborasi Kodim 0909/KTM dan PWI Kutim, Bantu Benih Ikan Lele dan Kolam...

Kolaborasi Kodim 0909/KTM dan PWI Kutim, Bantu Benih Ikan Lele dan Kolam Terpal kepada Karang Taruna

353
0

Satumejanews.id. SANGATTA- Kodim 0909/Kutai Timur berkolaborasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutim berkolaborasi, membantu Karang Taruna Pemuda Kreatif, Masabang Ulu, Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Kutai Timur. Kegiatan yang dikemas membantu 5.000 bibit ikan lele air tawar dan terpal untuk kolam.

Penyerahan bantuan ikan lele air tawar itu, dilaksanakan Senin (3/10/2022) di lokasi Karang Taruna, Masabang Ulu, Sangatta Selatan. Kolaborasi ini bertujuan pemulihan ekonomi masyarakay paskapandemi covis 19 dan setelah musibah banjir beberapa bulan lalu.

Saat penyerahan bibit ikan lele, selain Dandim 0909/KTM, hadir juga Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Wakil Ketua 2 DPRD Kutim Arfan, Danramil 0909-01/Sangatta Kapten Cba Heru Eko, Camat Sangatta Selatan Vita Nurhasanah dan Ketua PWI Kutim Ibnu Juraid, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya.

Dandim Letkol Czi Heru Aprianto menyebut penyerahan benih ikan beserta kolam ini adalah bentuk kegiatan dan program kerja sama dengan PWI Kutim. Nilai bantuan menurut Dandim mungkin tak seberapa. Diharapkan kreativitas para pemuda, ke depan bisa berkembang dan menghasilkan pendapatan secara ekonomi.

“Jangan dilihat besar kecilnya (bantuan) apa yang diberikan. Saya yakin Karang Taruna adalah pemuda kreatif penuh dengan inovasi. Saya minta pak Babinsa, perkembangannya dipantau ya, bagaimana adik-adik dapat mengelola bibit ikan ini,” pintanya.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang di lokasi penyerahan bantuan mengatakan, seluruh kegiatan Karang Taruna harus didukung. Apalagi para pemuda sudah berkreativitas untuk menghasilkan perekonomian yang baik.

“Semoga bisa menambah penghasilan dan lebih percaya diri. Sehingga menjadi motivasi untuk mandiri dan terbiasa mencari penghasilan untuk diri sendiri,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, aktivitas Karang Taruna tersebut sudah lama. Hal itu tentu membuat dirinya bangga, mengingat dirinya sejak lahir dan tumbuh besar di kawasan Masabang, Sangatta Selatan.

“Makanya mereka harus menyampaikan usulan melalui desa dan kecamatan. Kemudian harus diakomodasi dalam Musrembang. Ini wajib untuk dikawal, karena kegiatan positif. Semoga menjadi pilot project (proyek percontohan, red) bagi pemuda-pemuda yang ada di Sangatta Selatan,” ujar Kasmidi.

Pada kesempatan itu, Wabup juga berjanji meberikan dana Rp 10 jita untuk Karang Taruna selain itu jiga seragam baju bagi pengurus dan anggotanya.

Sedangkan Ketua PWI Kutim, Ibnu Djuraid menyampaikan, PWI Kutim siap ambil bagian dalam upaya pemulihan perekonomian masyarakat pascapandemi COVID-19. Diharapkan bantuan yang diserahkan bermanfaat mendukung upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. Membantu pemuda Karang Taruna untuk memanfaatkan waktu luangnya pada kegiatan yang bermanfaat dan positif.

”Sehingga tidak mudah terjerumus dalam kenakalan remaja,” harapnya.

Camat Sangatta Selatan, Vita Nurhasanah turut menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0909/KTM dan PWI Kutim selaku penyelenggara dan pemberi bantuan. Melalui bantuan dimaksud, Vita berharap dapat memberi dampak positif bagi perekonomian warganya.

“Dampak COVID-19, apalagi kenaikan BBM sangat di rasakan dampaknya. Semoga bisa dapat memulihkan kondisi ekonomi di masyarakat,” ucap Vita, panggilan akrab Camat ini

Selanjutnya Wakil Ketua II DPRD Kutim H Arfan yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menganggap perlu ada komunikasi lanjutan guna mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Terutama dalam pemberian benih ikan tersebut.

“Saya tunggu komunikasinya Karang Taruna, ada program pokok pikiran DPRD (Kutim) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Arfan.

Kegiatan itu dilanjutkan peninjuan kondisi kolam ikan lele. Selanjutnya bergantian memasukan benih ikan untuk dapat segera dibudidayakan.(smn4/smn1)

Artikulli paraprakTragedi Kanjuruhan, Kutim Turut Beruka
Artikulli tjetërRangakaian HUT, TNI Gelar Donor Darah di Matos, Malang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini