Beranda Umum & Ekonomi Pemkab Disarankan Cari Alternatif Sumber Pendapatan Baru

Pemkab Disarankan Cari Alternatif Sumber Pendapatan Baru

353
0

SANGATTA- Anggota DPRD Kutim Yulianus Palangiran menyarakan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) segera mencari alternatif sumber pendapatan daerah baru. Langkah ini untuk kelangsungan sumber pembiayaan program pembangunan daerah, karena hingga saat ini masih mengadalkan Dana Bagi Hasil (DBH) pemerintah pusat.

“Saya usul, janganlah pemerintah daerah selalu mengandalkan DBH, kita (Kutim) banyak potensi yang bisa dimaksimalkan untuk menjadi PAD,” terangnya.

Potensi yang maksud, menurut politisi senior Partai Demokrat tersebut, salah satunya retribusi sarang burung walet yang banyak ditemukan di hampir seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kutim. Hingga saat ini potensi ini belum dimaksimalkan dalam penggalian PAD.

“Kemudian ada sektor wisata. Jika mulai sekarang digarap untuk kepentingan PAD, saya kira ke depan bisa lebih bakk lagi,” ucap Yulianus.

Berdasarkan pengalamanya selama menjadi wakil rakyat yang sudah memasuki periode ketiga atau hampir 15 tahun, dia belum melihat adanya terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mencari alternatif lain tekait sumber pembiayaan program pembangunan kabupaten yang memilki luas 35.748 km persegi tersebut.

“Hampir 80 persen kita (Kutim) mengandalkan DBH batu bara. Kalau nantisudah tidak ada lagi (DBH) kita mau apa,” pungka mantan Wakil Ketua DPRD Kutim ini.(smn5/smn1)

Artikulli paraprakAnggota Komisi V DPR RI, H Irwan Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang di Kaltim
Artikulli tjetërIrwan Siap Kolaborasi Perjuangkan Dana Sapras Pendidikan