Beranda Pemerintahan Setahun Pimpin Kutim, Duet Ardiansyah-Kasmidi Beberkan Hasil Pembangunan

Setahun Pimpin Kutim, Duet Ardiansyah-Kasmidi Beberkan Hasil Pembangunan

17981
0

SANGATTA, Satumejanews.id – Duet kepemimpinan Ardiansyah Sulaiman dan Kasmidi Bulang mengembang menjadi Bupati dan Wakil Bupati sudah berjalan setahun. Apa saja yang diakukan selama ini, dibeberkannya dihadapan awak media, Rabu (2/3/2022), di kantor Bupati, kawasan Bukit Pelangi, Sangatta, Kutim, Kalimantan Timur (Kaltim).

Saat menyampaikan pemaparan hasil pembangunan tersebut, Ardiansyah dan Kasmidi didampingi Kepala OPD yang ada di Kutim dan instansi terkait lainnya.

Ardiansyah bersama Wakilnya Kasmidi Bulang menegaskan, bahwa pihaknya akan terus menjalankan sistem pembangunan yang berkelanjutan untuk Kutim.

“Artinya pembangunan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sesuai dengan hasil akhir RPJMD selama lima tahun ke depan yang sejalan dengan visi misi ASKB,” ujar Ardiansyah.

Secara garis besar, ASKB akan terus berkomitmen dalam pembangunan yang on the track. Soal infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan dan seterusnya ini bukan menjadi program akan tetapi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap kepala daerah terpilih.

“Tugas pemerintah memberikan fasilitas pembangunan, namun tetap disesuaikan dengan porsi kemampuan daerah ,” ulasnya.

Sedangkan Wabup Kasmidi Bulang menyatakan, meski masih kondisi Pandemi, pemerintah mampu merealisasikan program yang sudah ada secara bertahap, dan sebagai wujud komitmen (ASKB) untuk menyelesaikan.

Program Infrastruktur merupakan salah satu bidang yang sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sebagai salah satu upaya pemerataan pembangunan di 18 Kecamatan yang ada.

“Tahun kemarin (2021), sebanyak 10.500 lahan yang sudah tersertifikasi oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang merupakan program sertifikasi lahan, sebagai upaya mendukung kapasitas lahan masyarakat yang ada di Kecamatan Sangatta Selatan, Kecamatan Teluk Pandan serta Kecamatan Muara Wahau,” kata Kasmidi.

Dijelaskan Kasmidi, yang tidak boleh dilupakan adalah perbaikan dan peningkatan gang, jembatan dan jalan antar kecamatan,yang juga menjadi bagian dari program prioritas yang masuk dalam bidang infrastruktur tersebut, antara lain peningkatan jalan lingkungan berupa Semenisasi jalan antar kecamatan dan Gang pada tahun 2021 sepanjang 13 Km.

“Serta peningkatan kualitas jalan yang sebelumnya masih tanah sepanjang 59 km,” tambahnya.

Selanjutnya , rehabilitasi serta pembangunan jembatan dengan konstruksi beton sepanjang 37,7 km dan pembangunan jembatan kontruksi kayu sepanjang 500 meter.

Rehabilitasi rumah layak huni juga menjadi salah satu capaian program keberhasilan pembangunan Pemkab Kutim di tahun 2021, dimana sebanyak 1.028 hunian masyarakat yang tersebar di 18 Kecamtan, program tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas masyarakat agar hidup lebih sejahtera.yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus(DAK) dan Benkeu. Kemudian, pembangunan instalasi pengelolaan air limbah komunal sebanyak 4 unit.

“Peningkatan jalan Kabupaten dengan hotmix beton sepanjang 7,1 km dengan menggunakan dana DAK, dan pemeliharaan jalan Kabupaten sepanjang 26,4 km dengan metode swakelola,” jelas Kasmidi.
Sebagai daya dukung sektor pertanian yang juga menjadi bagian dari misi pembangunan daerah, sepanjang tahun 2021 pemerintah kabupaten membangun lima embung (penampung air) yang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada di Kutim.

“Dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi kita juga melakukan normalisasi 8 sungai,” terangnya.

Penyedian jaringan internet desa yang masuk skala prioritas Pemkab Kutim juga tak ketinggalan, sepanjang tahun 2021 sebanyak 72 desa yang tersebar di 18 kecamatan. (smn5/smn1)

Artikulli paraprakWarga Diajak Teladani Sosok Nabi Muhammad
Artikulli tjetërDimas Lantunkan Ayat Suci Alquran dari dalam Ambulance – Saat Tampil Ikut Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Samarinda Utara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini