Beranda Keagamaan Bupati Hadiri Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Desa Tepian Indah

Bupati Hadiri Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Desa Tepian Indah

408
0

BENGALON, Satumejanews.id – Membaca surah Yasin secara berjamaah yang dibimbing oleh ustad Najaiman menjadi penanda peringatan 1 Muharram 1444 Hijriah di desa Tepian Indah kecamatan Bengalon , Sabtu (30/7/2022) malam.

Kehadiran Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ardiansyah Sulaiman menambah spesial yang tampak ikut duduk bersama ratusan warga untuk melantunkan ayat suci Al-Quran di malam peringatan tahun baru Islam yang digelar secara sederhana tersebut.

Usai berdoa bersama pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah mengatakan, 1 Muharram dihitung dari awalnya hijrah Rosulullah dari Mekkah ke Madinah yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu Watalla untuk hijrah.

“Atas nama pemerintah saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat yang terus menggemakan budaya suku di Indonesia yang berbasis islam, seperti yang dilakukan masyarakat Tepian Indah sekarang , ” terangnya di hadapan Wakil Ketua 2 H Arfan, Kapolsek Bengalon Iptu Dedik I Prasetyo serta undangan yang hadir.

Apapun budaya suku yang maksud Ardiansyah,salah satunya dengan memperingati malam satu Suro yang bertepatan dengan 1 Muharram, bagi sebagian masyarakat, khususnya dari suku Jawa yang masih ada hubungan erat dengan budaya Jawa islam yang awalnya digemakan oleh Wali Songo, selain itu, dirinya bersyukur karena hingga saat ini masih dilestarikan oleh para tokoh dan ulama yang ada di Indonesia.

“Semoga dalam peringatan 1 Muharam kita mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT, Amin, ” tutup Ardiansyah yang turut diaminkan oleh seluruh jamaah yang hadir.

Sebelumnya dalam laporanya Kepala Desa tepian indah Quirinus mengatakan, Desa Tepian merupakan wilayah yang dihuni oleh masyarakat yang sangat mmejemuk, mulai dari suku, budaya hingga agama yang begitu beragam dan mampu hidup berdampingan dengan rukun damai serta menjunjung tinggi nilai toleransi.

“Saat ini desa kami berstatus berkembang, dengan kehadiran pak Bupati dan Wakil Ketua DPRD, kami harap adanya dukungan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat agar bisa menjadi desa yang maju dan mandiri,” pintanya.(smn5/smn1)

Artikulli paraprakSeribu Pelajar Meriahkan Pawai Muharram di Kota Sangatta
Artikulli tjetërHadiri Tahun Baru Hijriyah di Desa Tepian Indah, Arfan Diberi Blangkon