Beranda Nasional Berpikir Tajam Memerlukan Fokus dan Analisa, Contoh Kasus dari Pra-PON Palembang

Berpikir Tajam Memerlukan Fokus dan Analisa, Contoh Kasus dari Pra-PON Palembang

493
0

Oleh : Bert Toar Polii

Bridge adalah permainan kartu yang menuntut pemain untuk berpikir secara strategis dan taktis. Untuk berhasil dalam permainan ini, penting bagi pemain untuk mengasah kemampuan berpikir mereka agar lebih tajam dan efektif.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas,  alam artikel ini, tukang bridge  akan membahas beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan berpikir dalam permainan bridge.

1.            Fokus dan Konsentrasi Tinggi: Dalam permainan bridge, setiap keputusan dapat memiliki dampak besar pada hasil keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk tetap fokus dan berkonsentrasi tinggi sepanjang permainan. Hindari gangguan yang dapat mengaburkan pemikiran Anda dan berusaha untuk selalu memahami situasi permainan dengan jeli.

2.            Perhatikan Informasi yang Ada: Bridge adalah permainan informasi tersembunyi di mana pemain harus mengandalkan komunikasi tangan dan gerakan lawan untuk membuat keputusan yang tepat. Observasi yang cermat terhadap kartu yang telah dimainkan oleh lawan dan pasangan Anda dapat memberikan petunjuk berharga tentang kartu yang masih tertinggal di tangan lawan.

3.            Analisis Kartu dan Kombinasi: Kemampuan untuk menganalisis kartu dan kombinasi potensial adalah kunci dalam bridge. Pelajari pola permainan lawan dan rencanakan langkah Anda dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan kartu yang bisa dimiliki lawan. Perkirakan peluang kartu yang belum terlihat berdasarkan tumpukan kartu yang telah dimainkan.

4.            Perhatikan Sinyal dari Pasangan: Komunikasi yang baik dengan pasangan Anda adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dalam bridge. Pahami sistem sinyal yang Anda dan pasangan gunakan untuk saling mengirim pesan tentang kartu yang Anda pegang. Kemampuan untuk membaca sinyal dan mengambil informasi dari mereka dapat memberikan keuntungan strategis.

5.            Belajar dari Pengalaman: Seperti halnya dalam banyak hal, latihan membuat sempurna. Setelah bermain beberapa permainan bridge, luangkan waktu untuk meninjau kembali permainan Anda. Identifikasi kesalahan dan peluang yang Anda lewatkan, dan gunakan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk permainan selanjutnya.

6.            Kelola Emosi: Bridge adalah permainan yang dapat menimbulkan tekanan dan stres. Penting untuk dapat mengelola emosi Anda dengan baik dan tetap tenang dalam situasi yang menantang. Hindari membuat keputusan impulsif atau emosional yang dapat merugikan tim Anda.

7.            Diskusikan Strategi dengan Pasangan: Komunikasi terbuka dengan pasangan adalah kunci dalam bridge. Diskusikan strategi dan rencana permainan sebelumnya atau selama permainan. Jangan ragu untuk bertanya atau memberikan masukan tentang langkah yang harus diambil.

Dalam kesimpulannya, berpikir lebih tajam dalam permainan bridge memerlukan fokus, analisis, dan keterampilan komunikasi yang baik. Dengan latihan dan pengalaman, Anda dapat mengasah kemampuan berpikir Anda dan menjadi pemain bridge yang lebih mahir. Ingatlah bahwa permainan ini tidak hanya tentang keberuntungan, tetapi juga tentang kemampuan untuk berpikir secara strategis dan membuat keputusan yang cerdas.

Salah satu contoh papan, tukang bridge ambil dari pertandingan antara tim Pra-PON DKI vs Sumbar di Pra-PON 2023 yang sedang berlangsung di Palembang.

21/US/U                                              Utara

                                                                S 8642

                                                                H 108732

                                                                D Q

                                                                C Q103

Barat                                                                                                     Timur

S AKJ1073                                                                                            S Q5

H                                                                                                             H AKJ654

D K9754                                                                                                D A3

C K6                                                                                                       C J42

                                                                Selatan                

                                                                S 9

                                                                H Q9

                                                                D J10862

                                                                C A9875

Barat                     Utara                     Timur                    Selatan

Robert Ridho     Noldy                    Rizky

                                Pas                         1H                   Pass

1NT (1) Pas                         2H                   Pas

3D                            Pas                         3S (2)              Pas

4C (3)     Pas                         4D (3)    Pas

4S                            Pas                         4NT (4) Pas

5NT (5) Pas                         6S                    //

(1)          Spade suit

(2)          Support S pasti dua karena delay support

(3)          Cue-bid

(4)          RKCB

(5)          Key Card genap plus ada void,

Noldy mendapat lead DJ dan ketika utara jatuh DQ maka declarer sedikit terbantu mendapat informasi. Dengan adanya angka D9 di dummy maka jelas utara singleton DQ. Noldy menang DA langsung main HA dilanjutkan HK untuk discard dua lembar Club di dummy. Setelah selatan jatuh HQ maka informasi bertambah lagi. Selatan pegang 5 lembar D plus 2 lembar H. Noldy kemudian main D3 dan di dummy main D9. Utara ruff dan secara cerdik serang C10 bukan C3. Karena kalau ia serang C3 maka akan semakin jelas distribusi club apakah terbagi 4-4 atau 5-3.

Jika club terbagi 4-4 maka otomatis spade terbagi 3-2. Untuk bikin hanya bisa kalau selatan pegang S 98. Tapi kalau Club terbagi 5-3 maka berarti spade terbagi 4-1.

Kalau terbagi 4-1 maka setelah ruff C10 tinggal main SA ruff diamond dengan SQ dan discard satu loser diamond dari HJ.

Noldy memilih spade terbagi 3-2 dengan selatan pegang S98 dimana setelah ruff club ia main diamond dimana utara ruff dengan S6 dan kontrak mati 1.

Di meja lain kontrak yang sama dicapai. Tapi ini yang main barat dan utara lead club. Selatan menang CA serang D2 dimana declarer ambil dengan DA. Declarer kemudian main HAK di tangan dibuang dua lembar D. Selatan jatuh HQ. Sebenarnya kontrak sudah bikin asalkan selatan pegang maksimum dua lembar spade. Karena loser diamond bisa dibuang dari HJ.

Sayang sekali declarer memilih main diamond dan kontrak mati 1 karena utara ruff. ***

Artikulli paraprakTerjun ke Dunia Politik, Faizal Terinspirasi Almarhum Ayahnya
Artikulli tjetërDKI Lolos di Tiga Nomor PON Aceh 2024, Jateng Mungkin Menyusul

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini