Beranda Kalimantan Selatan Momen Hardiknas 2023 di Bumi Murakata, Bupati Aulia dan Semua Peserta Berpakaian...

Momen Hardiknas 2023 di Bumi Murakata, Bupati Aulia dan Semua Peserta Berpakaian Adat

2017
0

Satumejanews.id. BARABAI – Momen peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 digelar  Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST)  di lapangan Dwi Warna Barabai, Kamis (25/5/2023). Upacaranya dipimpin langsung Bupati H Aulia Oktafiandi.

Peringatan Hardiknas 2023 di “Bumi Murakata” HST ini ditandai dengan pakaian adat Nusantara. Artinya, semua peserta mulai dari Bupati Aulia sendiri, pejabat SKPD, unsur Forkopimda, DPRD,  guru guru, siswa dan undangan mengenakan pakaian adat.

Adakah makna pemakaian pakaian adat pada momentum peringatan Hardiknas ini? Begini kata Bupati Aulia seusai prosesi upacara yang berjalan lancar, khidmat dan semarak.

“Seluruh peserta mengenakan pakaian adat tentu punya makna. Maknanya sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya kita,” ucap Aulia kepada insan pers.

Peringatan Hardiknas tahun ini menjadi momentum tepat untuk menumbuhkembangkan program Merdeka Belajar yang sudah dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek) dalam tiga tahun terakhir.

Lantaran itu, Bupati Aulia  menekankan kepada seluruh insan pendidikan untuk terus memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan program Merdeka Belajar.

“Merdeka Belajar ini sangat baik dan bermanfaat. Terutama dalam mendorong tumbuhnya kreativitas anak didik kita. Ke depan program ini harus kita teruskan,” ucap Bupati HST itu  membacakan sambutan tertulis Mendikbud dan Ristek, Nadiem Anwar Makarim.

Hardiknas adalah hari nasional tahunan. Diperingati setiap tanggal 2 Mei. Tanggal yang dipilih berdasarkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional.

Hal ini selaras dengan tema Hardiknas 2023, yakni “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.” Karena itu, Kemendikbud dan Ristek mencanangkan bulan Mei 2023 sebagai Bulan Merdeka Belajar.

Momen Hardiknas 2023 di HST sendiri diisi dengan pemberian penghargaan kepada para siswa/siswi dan guru yang berprestasi. Baik prestasi tingkat Provinsi mau pun Nasional, dan diakhiri jamuan makan di kediaman atau Rumdin Bupati HST. (sm10)

Artikulli paraprakPerusahaan Harus Pastikan Naker Ber KTP Kutim
Artikulli tjetërPekerja Disarankan Bergabung ke Serikat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini