Beranda Kalimantan Selatan Kapolres HST Terjun Amankan 5.000-an Massa, Haul ke-28 Muassis Ponpes Pemangkih Aman...

Kapolres HST Terjun Amankan 5.000-an Massa, Haul ke-28 Muassis Ponpes Pemangkih Aman dan Lancar

2080
0

BARABAI – Kapolres Hulu Sungai Tengah (HST), AKBP Sigit Hariyadi terjun langsung mengkoordinir pengamanan luapan massa yang tumpah ruah ke Komplek Pondok Pesantren Ibnul Amin Pemangkih, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), HST, Rabu (20/7/2022).

Sekitar 5.000-an massa datang dari berbagai penjuru desa, berbagai kota di Kalsel dan bahkan luar Kalsel. Semuanya datang untuk satu tujuan mengikuti prosesi acara Haul ke-28 Muassis atau Pengasuh/Pendiri Ponpes Ibnul Amin Pemangkih, KH Mahfudz Amin.

Bukan cuma masyarakat biasa saja. Bupati HST, H Aulia Oktafiandi bersama unsur Forkopimda HST dan Kepala SKPD juga hadir. Belum lagi yang mewakili Gubernur Kalsel, para Kiyai, ulama dan tokoh agama di seantero Bumi Murakata – HST yang datang dari sana sini.

Acara Haul ke 28 KH Mahfudz Amin sendiri dipusatkan di Mushalla Ponpes Ibnul Amin Pemangkih. Prosesinya diawali doa, pembacaan ayat suci Al Quran, berbagai sambutan, pembacaan manakib Mahfudz Amin, tauziyah yang ditutup dengan doa.

Semua rangkaian acara Haul ke 28 Muassis Ponpes Ibnul Amin Pemangkih itu aman dan lancar. Rata rata massa pun mematuhi imbauan Kapolres HST melalui Kabag OPS, Kompol Maturidi, Kasat Intelkam, Kasat Lantas dan Kapolsek LAU untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Kita bersyukur, semua prosesi acaranya aman dan lancar. Sebagian besar masyarakat pun sudah mematuhi protokol kesehatan,” ucap Kapolres Sigit Hariyadi melalui Kabag OPS, Kompol Maturidi.

Lantas Ustadz H Barmawi yang mewakili Pimpinan Ponpes berterima kasih ke semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya Haul ke 28 tahun 2022 ini. Terlebih kehadiran Al Habib Achmad Jamal bin Thoha Ba’agil dari Malang (Jatim) yang memberikan tauziyah pada Haulan kali ini.

“Haul KH Mahfudz Amin ini sendiri merupakan ajang silaturrahmi sekaligus mengenang jasa beliau sebagai tokoh panutan di masyarakat. Dari ilmu yang diwariskannya, banyak alumni yang menyebarkan ajaran Islam di daerah sendiri mau pun di perantauan seperti di Kalimantan, Tanah Jawa dan Sumatera,” urainya.

Bupati HST pun menyebut, KH Mahfudz Amin merupakan salah satu tokoh ulama yang telah mengharumkan nama “Bumi Murakata” melalui ajaran ilmu agamanya. Dia pun patut dicontoh dan diteladani.

“Melalui haul ini, saya berharap ulama dan umara di HST agar selalu bergandeng tangan. Bahu membahu melanjutkan perjuangan beliau. Terutama dalam upaya membangun dan memajukan HST lebih baik ke depan,” ujar Bupati Aulia. (smn10)

Artikulli paraprakKASAD Minta SMSI Terus Kembangkan Jurnalisme Jujur
Artikulli tjetërJawaban Eksekutif Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Dewan Terhadap KUA-PPAS 2023