KANDANGAN, Satumejanews.id – Tiga Cakades (Calon Kepala Desa) Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), resmi ditetapkan. Ketiganya siap berlaga di ajang Pilkades serentak HSS, 2 Juni 2022 nanti.

Penetapan dan pencabutan nomor urut tiga Cakades ini dihelat di Balai Desa Bamban Utara, Senin (16/5/2022), Prosesinya dipimpin oleh Ketua dan Wakil Ketua PPS Radie Farhani dan M Saberi, disaksikan Pjs. Camat Angkinang Sabilal Rasad, Pj. Kades Sudiani, Babinsa Serda TNI Asma, para undangan, dan dua anggota Polsek Angkinang, Aipda Fitriadi dan Briptu Habibi yang berjaga-jaga di luar.

Calon pertama yang mencabut nomor urut ialah Mursidi, 52 tahun, mantan Kades Bamban Utara atau disebut sebagai calon petahana, disusul calon termuda Muhammad Yamin, 30 tahun, dan calon terakhir yang tertua Ismail, 60 tahun.

Lalu ketiganya diminta serentak membuka gulungan kertas berisi nomor urut itu. Hasilnya? Pa Mursidi yang petahana itu mendapat nomor urut 3, disusul Ismail atau Pa Mail yang segera pensiun dari Guru SD kebagian nomor urut 2, dan calon termuda Yamin nomor urut 1.

Pa Mursidi sendiri terlihat kurang ceria seusai mencabut nomor urut 3. Beda dengan Yamin yang sangat ceria dan mondar mandir bincang dengan temannya. Sedang Pa Mail lebih tenang dan senyum-senyum saja.

Belum diketahui kenapa Pa Mursidi kurang ceria? Mungkinkah ia mulai berhitung atau mengkalkulasikan kemungkinan meraih suara yang signifikan pada Pilkades nanti?

Namun, ketika foto-foto bersama, Pa Mursidi pun ceria. Malah, diajak menyatakan kebulatan tekad menyukseskan Pilkades dengan sportif, jujur dan adil, dia tampak bersemangat sekali sambil menyatukan dan mengangkat tangan bersama dua kandidat calon lainnya.

“Saya juga lihat Pa Mursidi itu kurang ceria? Kenapa ya? Mungkin karena dia dijepit oleh langkah dua calon saingannya itu. Sebab, yang satu lebih tua dan berpengalaman, dan yang satunya lagi lebih muda dan agresif,” ucap Mohamad Aini, salah satu warga Bamban Utara seperti mencermati sikap ketiga calon itu.

Ketiga Cakades ini sekarang lebih konsentrasi lagi menghadapi tahapan Pilkades. Terutama terkait penyampaian visi misi dan pelaksanaan kampanye tiga hari, 23 — 25 Mei 2022, seperti misalnya memasang alat peraga, baliho, dan lainnya. Pilkades Bamban Utara ini akan diikuti 1.173 pemilih. (Smn10)

Artikulli paraprakPetinggi Gerindra Kalsel di Barabai, Lanjut Silaturahmi ke Guru Bakhiet
Artikulli tjetërHardiknas 2022 di Barabai, Bupati HST Berikan Penghargaan 40 Guru dan Siswa yang Berprestasi