Beranda Kominfo Kutai Kartanegara Penyusunan Anjab Jadi Dasar untuk Perencanaan SDM yang Akurat dan Tingkatkan Produktivitas

Penyusunan Anjab Jadi Dasar untuk Perencanaan SDM yang Akurat dan Tingkatkan Produktivitas

1183
0

Satumejanews.id. KUTAI KARTANEGARA – Penyusunan Analisis Jabatan (Anjab)  menjadi dasar untuk perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akurat dan meningkatkan produktivitas. Kemudian pada akhirnya mendukung pelayanan publik yang optimal di lingkungan pemerintahan daerah.

Hal itu disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto, ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Organisasi se-Kukar tahun 2024 dan meresmikan peluncuran Aplikasi Sistem Evaluasi Kelembagaan dan Analisis Jabatan (Sekejab), di Grand Ballroom Hotel Maxone Balikpapan, Rabu (6/11/2024).

“Saya mengapresiasi yang tinggi terhadap aplikasi Sekejab, karena kehadiran aplikasi ini memberikan kemudahan proses penyusunan Anjab,” ujar mantan Kadiskominfo Kukar ini.

Dikatakan, penyusunan Analisis Jabatan (Anjab) memiliki peranan yang sangat penting dalam tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Melalui Anjab, dapat mengidentifikasi secara jelas terkiat tugas, tanggung jawab serta kompetensi yang diperlukan untuk setiap posisi di perangkat daerah.

Hal ini tidak hanya membantu dalam menentukan jumlah dan kualitas pegawai yang dibutuhkan, namun juga memastikan setiap jabatan diisi oleh individu yang tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Dengan dilakukan launching aplikasi Sekejab ini, diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi semua pihak dalam menyusun Anjab. Tentunya bisa menyediakan sistem informasi yang menyajikan kondisi kebutuhan jabatan dan pemangku jabatan di Kabupaten Kukar.

Menurutnya, dengan adanya Sekejab ini, proses penyusunan Anjab lebih sistematis dan akurat serta mempermudah perangkat daerah dalam menyelaraskan kebutuhan pegawai berdasarkan kondisi faktual di lapangan.

Dafip berharap, agar perencanaan kinerja dapat dilaksanakan dengan baik dan tertuang dalam Laporan Kinerja Instansi Pemerintah  (Lakip), sehingga target kinerja yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal.

Dia meminta perhatian khusus terhadap hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), untuk segera melakukan perbaikan dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang terdapat dalam Laporan Hasil Evaluasi SAKIP.

”Kita berharap, Kukar mampu meningkatkan predikat SAKIP menjadi BB,” kata Dafip.

Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu sarana untuk bertukar pikiran, berkolaborasi dan menjalin kerjasama guna mewujudkan kinerja pemerintah daerah yang semakin baik. Sehingga pada akhirnya berorientasi pada kepuasan masyarakat serta apa yang menjadi visi misi Kabupaten Kukar benar-benar dapat terserap dengan baik. (adv/diskominfo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini