Beranda Pemerintahan Buka Seleksi Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim, Kasmidi: Jangan Hanya Dijadikan Ajang...

Buka Seleksi Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim, Kasmidi: Jangan Hanya Dijadikan Ajang Adu Tampan dan Pesona Fisik Semata

13119
0

SANGATTA- Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki potensi seni budaya yang sangat beragam. Potensi seni budaya tersebut terbagi dalam dua pilar, yakni pesisir dan pedalaman. Salah satunya, budaya Pesta Adat Lomplai di Kecamatan Muara Wahau dan sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda pada tahun 2015 lalu.

“Serta Tradisi Adat Bekenjong dari Kecamatan Muara Ancalong, yang telah dinobatkan menjadi warisan budaya takbenda oleh Kemendikbud Riset dan Teknologi pada tahun 2021,” ungkap Wakil Bupati Kasmidi Bulang saat membuka kegiatan Seleksi Tahap Awal Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutai Timur Tahun 2022, garapan Dinas Kebudayaan, Kamis(23/6/2022) di Ruang Meranti, Kantor Bupati.

Lebih lanjut dikata Kasmidi, pelestarian dan pembinaan kebudayaan juga sejalan dengan misi pertama Kabupaten Kutim, yakni mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, berbudaya dan bersatu.

Terkait Kegiatan Pemilihan Duta Budaya Kutim tersebut, Kasmidi berharap kegiatan itu bisa menjadi wadah bagi putra – putri terbaik di Kabupaten Kutim, untuk menyalurkan bakat dan wawasan kebudayaan.

“Jangan hanya dijadikan ajang adu tampan dan pesona fisik semata. Melainkan bisa berfikir kritis, inovatif dan kreatif, dalam upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan,” pintanya Kasmidi, dihadapan Sekretaris Dinas Kebudayaan Kutim, Muhammad Rodiansyah serta peserta yang hadir.

Terakhir, Kasmidi berpesan siapapun yang terpilih menjadi finalis Duta Budaya Kabupaten Kutim, agar memiliki inovasi dan kreatifitas dalam rangka proses pelestarian, pengembangan dan pemajuan kebudayaan khususnya kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Kutim.

Sebelumnya, dalam laporannya Sekretaris Disbud Muhammad Rodiansyah mewakili Kadisnya mengatakan, peserta seleksi tahap awal Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim Tahun 2022 kali ini, diikuti oleh sebanyak 71 peserta. Terbagi peserta laki-laki sebanyak 23 peserta dan perempuan sebanyak 48 peserta. Kegiatan tersebut mengusung tema “Muda Berwawasan, Muda Berkarakter, Muda Kreatif, Inisiatif dan Dinamis, Muda Berbudaya”.

“Mereka ini (peserta) merupakan perwakilan pelajar, mahasiswa serta individu yang yang terdiri dari berasal dari putra putri terbaik yang ada di Kabupaten Kutim,” terang suami Anggota DPRD Kaltim, Siti Rizky Amalia ini.

Duta Budaya yang terpilih, sambung Rodiansyah, diharapkan mampu merepresentasikan, melestarikan, memanfaatkan dan mempromosikan Kebudayaan di Kabupaten Kutim.

“Dari 71 peserta nantinya akan di pilih masing-masing 10 perwakilan putra putri yang dilanjutkan dengan proses karantina yang di isi dengan materi dan pembekalan bagi peserta selama 3 hari di salah satu Hotel di Sangatta,” ungkapnya.(smn5)

Artikulli paraprak102 Pendonor Ikut Aksi Kemanusiaan KPC
Artikulli tjetërKapolres HST Membagi Rasa, Beri Bingkisan Purnawirawan dan Bantu Warga yang Tedampak Puting Beliung