Beranda Keagamaan Lomba Takbir Keliling Kembali Digeber

Lomba Takbir Keliling Kembali Digeber

13404
0

Panitia sedang melakukan rapat persiapan Takbir Keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. (Wahyu Yuli Artanto)

SANGATTA- Setelah beberapa tahun tidak ada takbir keliling akibat pandemi covid-19, kini kegiatan syiar Islam itu kembali digeber menjelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriyah/2022 ini.

“Takbir keliling akan kita gelar kembali menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Kegiatan itu akan kita lombakan seperti tahun sebelumnya. Kita harapkan partisipasi masyarakat cukup antusias,” kata Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kutim Andi Abdul Rahman.

Dijelaskan Andi Abdul Ramhan, karena ini masih dalam pandemi covid-19, peserta takbir tetap diminta untuk mematuhi protool kesehatan. “Alhamdulillah takbir keliling sudah bisa kita gelar lagi tahun ini,” kata Kabag Kesra Kutim ini.

“Ini juga sekaligus untuk menjawab kerinduan umat muslim karena hampir dua tahun tidak pernah di adakan(takbir Keliling),’terangnya.

Untuk peserta takbir keliling antara lain, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Ormas Islam, Organisasi Perangkat Daerah serta Ormas Kemasyarakatan lainya.

“Rutenya akan dimulai dari Masjid Agung kemudian melewati jalan AW Syahranie ke arah Sangatta lama kemudian putar arah ke Sangatta Baru dan Finish di jalan Soekaro-Hatta, tapatnya di depan kantor desa Singa Geweh,” ucapnya.

Sedangkan Kepala Kementerian agama Kutim, Nasrun mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk syiar dan ungkapan kegembiraan umat muslim dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Ia juga menekankan dalam pelaksanaan takbir keliling harus mengedepankan etika keagamaan dan aspek keamanan.

“Semoga dengan kita fasilitasi (lomba takbir keliling), kami berharap masyarakat bisa lebih tertib dalam menyambut hari raya ini,” ucapnya. (smn4)

Artikulli paraprakDari Reses Faisal Anggota DPRD Kutim Desa Pelawan Gelap Gulita
Artikulli tjetërRaih Medali di Ajang Olahraga Beladiri d Kaltim Atlet Karate dapat Bonus