Beranda Parlemen Fraksi KIR Apresiasi Terkait KUA-PPAS dengan Catatan

Fraksi KIR Apresiasi Terkait KUA-PPAS dengan Catatan

2088
0

SANGATTA, Satumejanews.id – Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya mengapresiasi upaya pemerintah dalam penyusunan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) Dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Kutai Timur Tahun Anggaran 2023 namun dengan memberikan sedikit catatan.

Hal itu di sampaikan H Sobirin Bagus mewakili fraksinya dalam Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim), terhadap Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) Dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Kutai Timur Tahun Anggaran 2023, dalam rapat Paripurna yang ke 21 di ruang sidang utama sekretariat DPRD, Rabu, (20/07/2022) .

Adapun catatan yang dimaksud antara lain, Pemerintah di minta agar lebih fokus pembangunan diarahkan memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, serta mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, Meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing dengan mengoptimalkan potensi ekonomi yang ada secara efektif dan efisien.

“Dengan tetap memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat banyak dan tetap konsisten dengan RPJMD, “ujarnya.

Memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, menjadi catatan selanjutnya yang juga harus menjadi perhatian pemerintah, selain itu, peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim. Rumusan kebijakan pembangunan mempertimbangkan hasil evaluasi pembangunan tahun-tahun sebelumnya serta melakukan penyempurnaan melalui optimalisasi program dan kegiatan untuk mewujudkan Pembangunan Infrastruktur dasar dan penciptaan daya saing.

“Serta melakukan percepatan realisasi belanja APBD dengan mengutamakan produk dalam negeri dan percepatan belanja infrastruktur daerah, “ terangnya.

Kemudian, pihaknya juga meminta kepada pemerintah agar dalam pembahasan KUA dan PPAS 2023 dari sisi Pendapatan dan sisi Belanja datanya disajikan dengan baik sesuai dengan sistem yang ada dan dapat dipahami serta dimengerti secara praktis. Serta meminta agar melakukan percepatan pelaksanaan Program dan Kegiatan APBD Tahun 2022.

“Sehingga masyarakat dapat merasakan dampak positif dari pembangunan yang tertuang dalam APBD Kutai Timur Tahun 2022.,” pungkasnya. (Smn5/smn1)

Artikulli paraprakWarga Desa Pelawan Pertanyakan Sertifikat Tanah
Artikulli tjetërProyeksi Anggaran Harus Mewakili Kepentingan Masyarakat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini