Beranda Nasional Merapi Kembali Erupsi, Terbesar Selama Kurun Waktu Setahun Terakhir

Merapi Kembali Erupsi, Terbesar Selama Kurun Waktu Setahun Terakhir

1822
0

Satumejamews.id. YOGYAKARTA. Gunung Merapi yang terletak di kawasan Yogyakarta, Sabtu (11/3/2023) hari ini kembali menyemburkan asap tebal atau erupsi. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.12 WIB hingga sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Menurut catatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG),  sejak pukul 12.12 Wib sampai dengan pukul 16.00 Wib terjadi 24 awan panas guguran dengan jarak luncur maksimal empat kilometer (Km) ke arah Barat Daya. 

Dari catatan BPPTKG, rentetan peristiwa erupsi Merapi hari ini (Sabtu/11/3/2023) merupakan yang terbesar selama kurun waktu setahun terkahir.

Video erupsinya gunung Merapi itu, beradar luas di media sosial. Demikian juga foto-foto yang terjadi pada hari ini, beredar di grup-grup WhatsApp.

Menurut informasi yang diperoleh media satumejanews.id, ketika terjadi erupsi Merapi hari ini, cuaca di kawasan Yogyakarya sangat panas sekali. Banya warga yang mengeluhkan, jika hari ini Yogya sangat panas. Bahkan hingga sore tadi, hawa panas itu masih terasa sekali.

“Sejak siang hingga sore hari ini, cuaca di Yogya cukup panas,” kata Lintang, seorang mahasiswa di Yogyakarta melaporkan kepada media ini.

Menurut keterangan resmi dari BPPTKG, guguran awan panas gunung merapi terjadi pada hari ini, Sabtu 11 Maret 2023 pada pukul 12.12 WIB. Aliran arupsinya mengarah ke kawasan Kali Bebeng/Krasak.

Menurut BPPTKG, erupsi Gunung Merapi masih berlangsung. Masyarakat pun diimbau untuk menjauhi daerah bahaya, yakni dengan jarak tujuh kilometer.

“Jarak tujuh kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak,” tulis akun BPPTKG. (*/sm1)

Artikulli paraprakRatusan Pelajar SDIT Darussalaam Ikuti Khatmul Quran dan Imtihan
Artikulli tjetërSebaran Erupsi Merapi Sampai 33 Km, ke Arah Wonsobo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini