Beranda Nasional Normal Tapi Memancing Masalah

Normal Tapi Memancing Masalah

340
0

Oleh : Bert Toar Polii

SERING kali di meja bridge kita terlena dengan pegangan kartu yang normal, seperti yang terjadi pada papan ini. Kelihatan normal ketika selatan bermain 3NT melalui penawaran utara buka 1D selatan 1S utara kemudian reverse 2H menunjukkan pegangan kuat dan selatan menutup kontrak 3NT.

                                Utara

S Q 10

H A K 3 2

D Q J 10 9 7 3

C A

S 7 5 2    S A 6 3

H Q 10 6                H 9 8 7 5

D 6 2      D A K

C 10 9 8 6 3          C J 5 4 2

S K J 9 8 4

H J 4

D 8 5 4

C K Q 7

Barat tentu saja memilih lead unbidsuit  C10. Declarer ambil di meja dengan CA kemudian secara cepat main DQ. Menang DK, Timur yang merasa percuma untuk serang club memilih beralih serang H9 yang cukup menyulitkan declarer apalagi saat declarer main HJ, Barat main HQ. Menang HK dan sebelum memainkan trik ketiga, declarer harus bertindak hati-hati, jangan terpesona dengan pegangan kartu yang terlihat normal. Hitung trik dulu baru main trik ketiga agar tidak tertimpa masalah pada hasil akhir. Mari kita lihat masalah yang timbul, kalau declarer main Diamond pada trik ketiga.

Jika declarer main Diamond pada trik ketiga, timur menang DA akan serang Heart lagi. Apa pun yang dilakukan declarer tidak mampu menyelamatkan kontrak karena baru ada 7 trik. Saat declarer mencoba mencari trik tambahan dari Spade, lawan yang menang SA sudah lebih dulu meraih 5 trik untuk menggugurkan kontrak, yaitu 1 trik S, 2 trik H . dan 2 trik D.

Cara mengatasi problem ini, declarer yang berhitung akan mengetahui baru ada 7 trik. Untuk memenuhi kontrak perlu tambahan 2 trik dari warna hitam. Bagaimana caranya? Mainkan SQ dari meja kemudian di tangan main SK. Kalau lawan ambil SA maka persoalan selesai, declarer dapat 4 trik S, 3 trik C dan 2 trik H. Persoalan baru muncul apabila SK dibiarkan menang. Kuncinya, ambil CK kemudian mainkan Diamond dan kontrak sudah aman karena akan memperoleh 1 trik S, 2 trik H., 4 trik D dan dua trik C.

Jadi, untuk berhasil menjadi declarer play yang baik jangan lupa untuk selalu menghitung trik. Dan jangan sekali-kali terpesona dengan pegangan yang terlihat begitu sederhana karena bisa memancing masalah. ***

Artikulli paraprakWartawan Wajib Taati KEJ, Januari-Oktober, Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Terima 748 Pengaduan
Artikulli tjetërBunda Literasi Harus Jadi Teladan Tingatkan Minat Baca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini