Beranda Kutai Timur Tarian Sungei Peniga Udip Tampil Memukau pada Festival Seni Bali Jani IV...

Tarian Sungei Peniga Udip Tampil Memukau pada Festival Seni Bali Jani IV Tahun 2022

1455
0

Satumejanews.id. SANGATTA- Sebanyak 7 penari dari sanggar tari Mening Nyanding asal Kutim, tampil memukau pada Festival Seni Bali Jani IV tahun 2022, yang digagas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bali pada akhir Oktober lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan melalui Kepala Bidang Kesenian, Tradisi dan Perfilman Kutim Hendra Ekayana yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan, Kutim bersama 8 Kabupaten/kota se-Kaltim yang diundang oleh Disdikbud Provinsi Bali, ikut berpartisipasi dalam gelaran  acara yang bertajuk Jaladhara Sasmita Danu Kerthi atau Air sebagai Sumber Perdaban.

“Perwakilan Kutim menampilkan tarian kontemporer dengan judul Sungei Peniga Udip, karena sesuai dengan tema yang diangkat pihak penyelenggara, yakni bertemakan air,” ujar Hendra, Rabu (03/11/2022).

Dirinya menambahkan, acara yang digelar selama kurang lebih dua pekan ini, merupakan agenda yang berskala nasional dan internasional. Kegiatan itu menampilkan pusparagam seni modern dan kontemporer yang melibatkan sekitar 2.000 seniman, kreator, pelaku seni serta lokakarya dari para narasumber yang memiliki kompeten di bidangnya.

“Dan itu menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Pemerintah Bali.  Sedangkan daerah tertentu saja yang diundang termasuk Kaltim. Karena konon katanya dua wilayah ini memiliki kedekatan kultur serta budaya di masa lampau,” bebernya. (adv/sm3)

Artikulli paraprakPDKT Kutim Dikukuhkan, Wabup Minta Berikan Kontribusi ke Daerah
Artikulli tjetërMalam ini, Das’ad Latif Berikan Tausiah pada Deklarasi Damai Cakades Kutim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini